oleh

Polri Pastikan Situasi Papua Aman Jelang HUT OPM

Kitorangpapuanews.comJakarta – Polri memastikan situasi di Papua masih aman jelang hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember. Polri menyebut patroli pengamanan di wilayah Papua juga ditingkatkan.

“Menjelang 1 Desember situasi di Papua aman dan kondusif. Hal ini ditandai aktivitas masyarakat dan sentra ekonomi semua berjalan dengan tertib sebagaimana sehari-hari normal. Kemudian TNI-Polri dan Pemda bekerja sama melakukan upaya preventif dan imbauan. Patroli ditingkatkan menjaga kondisi di Papua,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (28/11/2019).

Asep mengatakan pihaknya juga mengajak warga untuk beribadah karena 1 Desember bertepatan dengan hari Minggu. Selain itu polisi juga tetap meningkatkan pengamanan untuk hari Natal dan Tahun baru di Papua.

“Tanggal 1 Desember kan kebetulan hari Minggu di mana hari ibadah umat nasrani yang mayoritas agamanya di Papua, Pemda seperti biasa menggelorakan semangat ibadah sehingga semuanya berfokus ibadah rutin. Namun, tanggal 1 Desember kita siapkan kegiatan pengamanan Natal dan tahun baru di Papua. Karena kegiatan Natal di sana mendapatkan perhatian khusus masyarakat Papua,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat ini masih berada di Papua. Terbaru, keduanya mengunjungi Wamena yang saat ini kondisinya juga kondusif.

“Untuk segi keamanan kita lihat di sini sampai kemarin pun kita lihat kondusif ya, tidak ada masalah dan tetap masyarakat beraktivitas, perekonomian mulai meningkat dan semua masyarakat pun kelihatan di masyarakat beraktivitas seperti biasa,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono kepada wartawan di Timika, Jumat (29/11/2019).
(abw/haf)

News Feed