oleh

Polisi Identifikasi Akun YouTube dan FB yang Diduga Picu Rusuh Manokwari

-News-380 views

Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri sudah mengidentifikasi akun media sosial yang diduga mem-posting video provokatif terkait mahasiswa Papua.

“Sementara dua, di YouTube dan Facebook. Itu lagi di-profiling,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2019).

Dedi menjelaskan konten video di akun YouTube yang dipantau sudah dihapus. Namun Dedi meyakini jejak digital video tersebut masih dapat dilacak.

Meskipun di YouTube sudah dihapus, video tersebut, jejak digital akan didalami Direktorat Siber,” ujar Dedi.

Dedi menuturkan hasil penyelidikan sementara, kedua akun tersebut dimiliki orang yang berbeda. “Beda (pemilik). Sementara itu dulu,” imbuh dia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika sepat melambatkan akses internet di beberapa wilayah Papua untuk mencegah hoax yang beredar terkait aksi massa di Papua. Pelambatan akses dilakukan secara bertahap.

Pelambatan akses/bandwidth sudah dilakukan sejak pukul 13.00 WIT. Mulai malam ini waktu setempat, akses telekomunikasi sudah dinormalkan.

“Sehubungan dengan situasi di wilayah Papua sudah kondusif, mulai malam ini, pukul 20.30 WIT, akses telekomunikasi sudah dinormalkan kembali. Dapat kami sampaikan bahwa tujuan dilakukan throttling adalah untuk mencegah luasnya penyebaran hoaks yang memicu aksi,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemkominfo RI Ferdinandus Setu secara terpisah.

News Feed