Polda Papua akan kirim tim khusus ke Nduga

oleh -31 views

kitorangpapuanews —  — Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf A Rodja mengatakan, pihaknya akan mengirim tim ke Kabupaten Nduga. Hal ini untuk memastikan kebenaran adanya kampung yang dibakar, rumah warga dibakar di Kabupaten Nduga, sebagaimana informasi yang berkembang di masyarakat. “Informasi tersebut didapatkan sepihak saja, sehingga itu kita akan turunkan tim untuk memastikan kebenaran informasi tersebut,” tegas Kapolda kepada wartawan di Mapolda Papua, Kamis (15/8).

Kapolda menyebutkan bahwa dirinya dan Pangdam dua hari lalu berkunjung ke Kabupaten Nduga bertemu dengan Bupati Nduga dan tokoh masyarakat setempat. Hal ini untuk mendengar apa yang menjadi keinginan dari masyarakat Nduga sendiri. “Kami ke sana (Nduga-red), untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan Bupati terkait dengan keberadaan TNI-Polri. Kita samakan presepsi sehingga ada solusi untuk masyarakat yang selama ini mengungsi,” ucapnya.

Terkait dengan penyampaian Bupati Nduga Yairus Gwijangge penarikan pasukan TNI non organic, Kapolda menyampaikan apakah Bupati bisa menjamin keamanan masyarakat yang ada di Kabupaten Nduga. Ataukan nanti, anggota yang menjadi sasaran. “Terkait Nduga, kita akan mencari solusi. Sehingga Bupati tidak perlu sampai ke Jakarta, kan ada polisi di sini kenapa tidak disampaikan kepada Pangdam atau Kapolda selaku penanggung jawab keamanan di Papua,” tuturnya.

Kehadiran TNI-Polri di Kabupaten Nduga lanjut Kapolda, bukan untuk membunuh masyarakat. Melainkan untuk melakukan pengamanan, namun kebalikannya selama ini masyarakat dibunuh oleh OPM. Sebelumnya, pada Rabu (14/8), kunjungan kerja Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A Rodja bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring di Kabupaten Nduga, meminta Bupati Nduga Yairus Gwijangge untuk melakukan kerjasama dengan para tokoh untuk bersama-sama memanggil atau membawa masyarakat Nduga kembali ke rumahnya masing-masing.