PN Wamena kirim materi banding Jakub dan Simon ke PT Papua

oleh
Jakub Fabian Skrzypski dan Simon Magal saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Wamena

Kitorangpapuanews.com – Wamena – Materi banding usai putusan terhadap terdakwa Jakub Fabian Skrzypski dan Simon Magal pada 2 Mei 2019 oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Wamena, telah dikirim ke Pengadilan Tinggi Papua di Jayapura. Hal ini disampaikan Ketua Pengadilan Negeri Wamena, Yajid, SH.

“Saat ini berkas banding kedua terdakwa sudah diterima dan juga berkas dari pihak kejaksaan sudah diterima, nantinya akan dilihat kembali memori tuntutan dan pembelaan terhadap dua terdakwa itu,” katanya saat dihubungi, Minggu (9/6/2019).

Kata dia, materi banding yang dikirim hanya dilakukan uji materi dari jaksa penuntut umum, tentang unsur–unsur yang menjadi alasan melakukan penuntutan terhadap terdakwa, serta mempelajari materi pembelaan yang disampaikan oleh kuasa hukum para terdakwa tanpa persidangan.

“Setelah dilakukan pengujian barulah akan diputuskan apakah sesuai atau tidak dan prosesnya mungkin memakan waktu cukup lama,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama proses uji materi banding para terdakwa masih tetap dalam tahanan hingga adanya putusan inkrah turun dari Pengadilan Tinggi Papua.

Vonis lima tahun kurungan penjara untuk Jakub Fabian Skrzypski dan Simon Magal oleh majelis hakim itu juga, membuat Kejaksaan Negeri Jayawijaya juga mengajukan banding, setelah tuntutan 10 tahun yang diajukan JPU sebelumnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Jayawijaya, Togar Rafillion mengatakan, pihaknya telah memasukan materi banding melalui Pengadilan Negeri Wamena untuk diusulkan ke Kejaksaan Tinggi Papua.

“Materi bandingnya sudah dikirim, tinggal menunggu hasil selanjutnya. Untuk waktu selesainya kapan kami menunggu saja, yang penting sudah dilakukan banding sesuai mekanisme,” katanya. (*)