PM KEPULAUAN SOLOMON: “MASALAH PAPUA ADALAH MASALAH DOMESTIK INDONESIA”

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Perdana Menteri Kepulauan Solomon Rick Hou dalam rilis persnya menyampaikan bahwa pemerintahannya tidak akan mencampuri urusan tentang Papua. Sebagaimana dimuat pada website www.radionz.co.nz. (Baca: Solomons PM says his govt want nothing to do with West Papua)

PM Rick Hou mewakili negara Kepulauan Solomon sangat menghormati bahwa Papua adalah bagian dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Masalah tentang Papua adalah masalah domestik Indonesia,

West Papua was a domestic one issue for Indonesia to deal with, Solomon Islands had no policy on West Papua so it is a non-issue for his government”, ungkap PM Rick Hou. (“Masalah Papua barat adalah masalah domestik Indonesia, pemerintah Solomon tidak akan ikut campur dengan masalah tersebut”)

Pemerintah Kepulauan Solomon menilai bahwa pemerintah Indonesia sangat gencar melakukan pembangunan di Papua, seperti misalnya pembangunan jalan trans Papua, meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat asli Papua di pedalaman, menyediakan pendidikan ke pelosok-pelosok dan lainnya.

Hal ini sangat jelas telah membatah klaim organisasi/kelompok tertentu yang menyatakan dukungan pemerintah Solomon terhadap West Papua. Klaim itu adalah kebohongan publik. (*)