oleh

PLN Papua: 1.123 Kampung di Tanah Papua Rencana Gunakan EBT

Kitorangpapuanews.com -Kota Jayapura– General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B), Ari Dartomo menyampaikan, sisa 1.123 desa atau kampung di tanah Papua yang belum terlistriki. Sehingga 1.123 kampung ini, rencananya akan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Kami dalam hal melistriki kampung-kampung di tanah Papua terus mengedepankan penggunaan EBT, tentunya dengan melihat kondisi lokasi yang ada. Kami juga bekerjasama dengan Kementerian ESDM,” katanya di Kota Jayapura, Senin, 27 Januari 2020.

Saat ini, kata Ari, pihaknya telah berhasil melistriki 218 kampung di Provinsi Papua dan Papua Barat sepanjang tahun 2019 lalu. Hingga saat ini total kampung berlistrik dikedua provinsi tersebut mencapai 5.813 kampung, baik PLN, Non PLN, maupun Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

“Kami juga sudah melakukan penandatanganan kontrak Pembangunan Listrik Tenaga Surya (PLTS), dengan total 151 PLTS yang tersebar di tanah Papua,” ungkapnya.

Dalam pembangunan jaringan kelistrikan ini, kata Ari, pihaknya dibantu oleh Kementerian ESDM, dimana kurang lebih3.000 kampung di Papua dan Papua Barat dengan menggunakan LTSHE.

Pengunaan EBT ini merupakan arahan dari pemerintah pusat, pembangunan pembangkit menggunakan EBT, Papua tak hanya dilakukan di kampung-kampung, tapi juga di perkotaan yang saat ini sebagian besar pembangkitnya masih menggunakan bahan bakar minyak,” jelas Ari.

Untuk itu, kata Ari, pihaknya terus mencari potensi-potensi alam yang ada di tanah Papua untuk membangun pembangkit EBT dengan skala besar. Sehingga ke depan konsumsi bahan bakar minyak pada pembangkit yang ada dapat berkurang.

News Feed