oleh

PLI Siap Kirim Dokter Umum Papua ke RS Pendidikan Terbaik di Eropa

-Artikel, Kesehatan, News-1.146 views

Kitorangpapuanews.com – JAYAPURA  – Guna menjawab kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua khususnya di bidang kesehatan,  Papua Language Institute (PLI) lakukan bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Pendidikan terbaik  di Eropa di Paris yaitu Services d’Aide Médicale Urgente. (SAMU) Assistance Publique Hépitals de Paris (APHP).

Melalui sambungan telepon selulernya  Direktur Papua Language Institute (PLI), Samuel Tabuni, Minggu, (8/3) kepada media  dari Prancis yang langsung mendatangi pusat rumah sakit pendidikan ini mengakui, ada hampir 100 pusat panggilan SAMU di Prancis dan masing-masing dijalankan oleh rumah sakit besar setempat.

“SAMU de PARIS mengoordinasi 8 kelompok SAMU, 70 unit perawatan intensif bergerak untuk perawatan medis para korban di lapangan dan transportasi mereka ke rumah sakit yang sesuai. Tim medis SAMU di lapangan menggunakan sistem informasi berdasarkan identiflkasi korban menggunakan ID numerik yang unik dan menggabungkan kategorisasi tingkat darurat, evolusi, perawatan medis, tiket masuk rumah sakit dan transportasi darat dan udara,” katanya.

Lanjutnya, dalam 30 tahun terakhir, SAMU de PARIS telah menyediakan layanan medis selama krisis internasional seperti gempa bumi di Meksiko (1985) dan Nepal (2015).

SAMU de PARIS memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin medis dalam proyek IN-PREP. Peran mereka adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi cara kelompok-kelompok kemanusiaan disiapkan dan dikerahkan untuk intervensi di negara-negara Eropa.

Kata Pria Asli Nduga itu, tujuan kerjasama ini untuk mengirimkan dokter-dokter umum Papua untuk training selama 6 bulan disana.

Dikatakan, bahwa Iayanan medis darurat utama yang disediakan oleh SAMU dan APHP adalah sistem rumah sakit umum di Paris yang mencakup populasi 12juta. SAMU de PARIS adalah salah satu Iayanan dari AP-HP.  APHP adalah sistem rumah sakit terbesar di Eropa. Misinya adalah memberikan saran telepon medis gratis dan dalam beberapa kasus perawatan pra-rumah sakit atau orientasi rumah sakit yang dioptimalkan. “Rumah sakti ini juga telah membangun kerjasama dengan China pada tahun 2007 untuk meningkatkan dokter dokter China sebelum olimpiyc game dalam ilmu Pelayanan Emergency dan bencana berstandart tinggi,” ujar Samuel.

Ditambahkan, bahwa selama situasi bencana, SAMU de PARIS bertugas mengoordinasikan rumah sakit untuk perawatan medis dan darurat lanjutan, termasuk insiden CBRN. Pada tingkat strategis, rumah sakit dan unit gawat darurat dikoordinasikan oleh Badan Kesehatan Daerah yang bertanggung jawab untuk mengimplementasikan rencana organisasi rumah sakit untuk perawatan sejumlah besar korban.

“AP-HP menyediakan Iayanan kesehatan, penelitian pengajaran, pencegahan, pendidikan, dan Iayanan medis darurat di 52 cabang. Klinik ini mempekerjakan lebih dari 90.000 orang termasuk 15.800 dokter di 44 rumah sakit dan merawat lebih dari 5,8juta pasien per tahun. Ada hubungan yang kuat dengan berbagai universitas di Paris melalui 7 perguruan tinggi kedokterannya termasuk odontologi dan farmasi,” katanya.

Kata dia PLI dan Yayasan Maga Edukasi Papua (MEP) terus berupayah menjalankan visi Gubernur  Lukas Enembe, dam Wakil Gubernur Klemen Tinal untuk peningkatan SDM Papua dengan berbagai terobosan pendidikan.

Samuel Tabuni menjelaskan, terkait rekomendasi dan perbaikan akan diidentiflkasi dan disalurkan ke proposal implementasi untuk aksi bersama Eropa.  Mereka berpartisipasi dalam 3 paket kerja termasuk proses rekrutmen pengguna akhir, pengumpulan kebutuhan pengguna akhir dan pengeditan Crisis Management Handbook.

Selanjutnya SAMU de PARIS mendukung semua demonstrasi dan latihan lN-PREP dengan melakukan  triase sebagai bagian dari bantuan medis mereka, maka diharapkan lewar kerja sama ini ada fase baru orang Papua untuk semakin maju di semua bidang dan provesional. “ Peluang ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk membangun sumber daya manusia di Tanah Papua, secara bertahap dan benar – benar menjawab masalah kesehatan di Papua,” paparnya.

 

News Feed