oleh

Bahas Keamanan Papua Jelang PON, Pimpinan MPR-DPR dan Mahfud Md

-Berita-227 views

Kitorangpapuanews.com – “Hari ini kami mengundang para pihak yang terkait penyelesaian Papua yang pertama kami ingin mendapat laporan terkait keamanan politik dan sosial,” ucap Ketua MPR Bambang Soesatyo sebelum rapat dimulai secara tertutup.

Pimpinan MPR, DPR dan DPD bersama Menko Polhukam Mahfud MD menggelar rapat tertutup membahas situasi keamanan di Papua. Rapat tersebut dilakukan di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2).

Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo juga mengatakan, pimpinan MPR, DPR dan DPD akan melaksanakan kunjungan kerja sekaligus meninjau langsung kesiapan PON 2020 di Papua.

“Yang kedua kami pimpinan MPR, DPR, dan DPD akan berkunjung ke Papua tanggal 2 Maret sampai tanggal 5, untuk memastikan masalah keamanan, karena mendengar laporan tentang keamanan,” kata dia.

“Kami akan berkunjung ke sana sekaligus juga kami meninjau Ketua DPR akan meninjau persiapan PON. Kami ikut mendampingi,” sambungnya.

Menko Polhukam, Mahfud MD, menjawab pertanyaan wartawan di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Foto: Nugroho Sejati/kumparan

Bamsoet mengatakan, pihaknya juga akan meminta keterangan terkait kondisi keamanan di Papua ke Mahfud. Termasuk mencari jalan keluar dalam menghadapi setiap masalah yang terjadi di Papua.

“Ya masalah ini kan jadi sudah sejak 50 tahun lalu, sejak Papua berintegrasi dengan Indonesia, nah ini hari ini mulai periode kepemimpinan presiden ada terus masalah yang timbul di papua. Kami ingin ada jalan keluar secara permanen untuk papua yang berkeadilan,” pungkasnya.

PON akan digelar pada 20 Oktober-2 November 2020 di lima kluster yakni Jayapura, Biak, Mimika, Merauke, dan Jayawijaya dengan mempertandingkan 47 cabang olahraga. 

News Feed