oleh

Berkebun Selama Covid19, Gerakkan Ekonomi Kampung

-Berita-16 views

Kitorangpapuanews.com – “Pemerintah harus menginisiasi gerakan ekonomi kampung melalui pembentukan atau pemberdayaan UMKM dan Bumdes atau bumkam di setiap kampung, sehingga dapat menggerakan kebangkitan ekonomi kerakyatan,” katanya, Senin (4/5).

Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal, S.E, M.M telah mengatakan bahwa bahan pokok makanan (bapok) akan bertahan kurang lebih empat bulan kedepan. Oleh karena itu warga dianjurkan untuk tetap berkebun selama penanganan kasus Virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Papua.

Menanggapi hal ini, Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih, Kurniawan Patma, S.E, M.Ak mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Daerah (Pemda) di Kabupaten/Kota harus menginisiasi gerakan ekonomi kampung melalui pembentukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa atau Kampung (Bumdes).

Hal ini menurut Kurniawan akan sangat membantu dalam menjaga perekonomian dan bahan pokok makanan (bapok) selama penanganan kasus Covid-19 di Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota yang ada di Papua. Tidak hanya itu, masyarakat tidak akan susah dalam memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari di kampung maupun di daerahnya masing-masing.

Kurniawan mengatakan, Bumdes atau Bumkam yang ada ini bisa berkolaborasi dengan Koperasi Unit Desa atau Kampung yang sudah ada di setiap kampung yang ada di Papua.  “Bumdes atau Bumkam ini kan alokasi anggarannya jelas dari dana kampung, sedangkan  koperasi dari swadaya masyarakat sehingga bisa berkolaborasi,” katanya.

Selain itu, kata Kurniawan walaupun stok sembako berupa beras dan lain-lain akan bertahan selama empat bulan kedepan, tetapi pangan lokal tetap harus menjadi alternatif utama dalam memberikan ketersediaan bagi masyarakat yang ada di Papua selama penananganan Covid-19 ini. “Penduduk Papua harus memaksimalkan lahan yang ada dengan sebaik mungkin untuk mengembangkan pangan lokal di wilayahnya masing-masing selama pandemi Covid-19 ini,” ucapnya.

Kurniawan meminta kepada Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota untuk melihat hal ini sebagai solusi berkelanjutan selama masa penanganan pandemi Covid-19 di Papua.

 

News Feed