oleh

Peringati Hari Pancasila, TNI Pasang Bendera Merah Putih pada Kendaraan Warga di Timika

-Berita-24 views

Kitorangpapuanews.com – “Ini merupakan wujud kecintaan masyarakat Indonesia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Letkol Inf Dodi Nur Hidayat di Timika, Senin (1/6/2020).

Hari Pancasila di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, diperingati dengan pemasangan bendera Merah Putih oleh sejumlah prajurit TNI AD di kendaraan warga, Senin (1/6/2020). Kendaraan tersebut khususnya yang melintasi Jalan Trans-Nabire Mile 32, depan Markas Komando Batalyon 754 Eme Neme Kangasi/20/3/Kostrad.

Komandan Yonif (Danyon) 754/ENK Letkol Inf. Dodi Nur Hidayat mengatakan, pemasangan bendera Merah Putih pada kendaraan warga tersebut untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni. Kegiatan itu juga memiliki nilai penting bagi para prajurit Yonif 754/ENK agar lebih memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara sekaligus perekat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia menambahkan, selain menyemarakkan Hari Lahir Pancasila, pemasangan bendera Merah Putih pada kendaraan warga yang melintasi depan Mako Yonif 754/ENK sekaligus memompa semangat para prajurit. Mereka diharapkan agar tetap dan terus setia pada NKRI.

“Diharapkan pra prajurit TNI AD semangat berjuang demi mempertahankan persatuan dan kesatuan negara dari berbagai ancaman,” ujarnya.

Menurut dia, peringatan Hari Lahir Pancasila memang belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat. Tidak saja di Kabupaten Mimika, tetapi juga di daerah lain di Indonesia.

Sementara warga Timika menyambut baik prakarsa prajurit Yonif 754/ENK yang memasangi kendaraan mereka dengan bendera Merah Putih. Warga juga berterima kasih kepada para prajurit tersebut

“Terima kasih kepada bapak-bapak TNI. Terus terang kami baru tahu soal Hari Lahir Pancasila karena selama ini sepertinya tidak pernah diperingati secara khusus di Mimika,” kata warga Timika, Yakobus (41).

Menurut Yakobus, kegiatan pemasangan bendera Merah Putih itu akan mengingatkan masyarakat bahwa setiap 1 Juni merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Tentu kami mendukung penuh TNI dalam upaya mempertahankan keutuhan NKRI,” katanya.

 

News Feed