oleh

Perbatasan RI-Papua Nugini Dijaga Ketat

-News, Publik-584 views

Kitorangpapuanews.com -Jayapura-Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura, Papua memperketat pengawasan di pintu perbatasan Indonesia- Papua Nugini (PNG) di Skouw-Wutung, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Pengawasan tetap dilakukan kendati PNG lebih dulu menutup perbatasan.

“Pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara,” kata Kepala Imigrasi Kelas I Jayapura Gatut Setiawan Rabu, 18 Februari 2020.

Gatut menegaskan pengawasan dilakukan sesuai prosedur tanpa unsur diskriminasi. Pihaknya tak akan meniru PNG yang diduga melakukan tindakan diskriminasi tanpa alasan terhadap warga negara Indonesia (WNI) di lintas batas.

“Kami akan lebih perketat pengawasan di wilayah perbatasan RI-PNG. Saya sudah perintahkan, ada yang masuk dari sebelah (PNG) tolak langsung. Kami harus tegas, berani, peduli berdasarkan peraturan. Kuncinya hanya itu, kalau tidak kita akan jadi bulan-bulanan,” ungkapnya.

Senada, Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Provinsi Papua, meminta semua pihak patuh dan menghargai keputusan Pemerintah PNG menutup semua pintu pos lintas batas. Meskipun akan ada kerugian bagi kedua negara.

Kepala BPKLN Provinsi Papua Suzana Dewijana Wanggai mengatakan, alasan pemerintah PNG menutup semua pintu lintas batas adalah demi keamanan negara ditengah wabah virus Korona.

“Itu hak hak pemerintah PNG demi keamanan negara. Kebijakan ini harus diikuti dan dihargai. Mudah-mudahan virus bisa segera teratasi sehingga (perbatasan) bisa dibuka kembali,” kata Suzana.

News Feed