Perangkat Daerah Pemprov Papua berikan banyak Pelatihan kepada Masyarakat

oleh
Diklat SDM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Papua (Foto : Dok Disperindag)

Pemprov Papua selain menginginkan suksesnya penyelenggaraan PON, juga berharap para tamu, peserta dan rombongan atlet dapat membawa pulang kenang-kenangan dari Bumi Cenderawasih.

Tidak hanya berupa barang, namun panorama, keindahan serta keramah-tamahan masyarakat Papua diharapkan dapat menjadi buah tangan yang selalu diingat oleh siapa saja yang menginjakkan kaki di Bumi Cenderawasih.

“Kami sudah membuat draf mengenai pembuatan imitasi burung cenderawasih agar nanti ketika PON diselenggarakan, banyak tamu bisa membeli dan membawanya pulang sebagai kenang-kenangan,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe.

Gubernur juga meminta masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Papua untuk mensinergikan program dan kegiatannya dengan pelaksanaan PON XX pada 2020.

Senada dengan Lukas, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Max Olua mengatakan pihaknya tengah mendorong pemberian pelatihan bagi sumber daya manusia Bumi Cenderawasih.

Berbagai Pelatihan SDM (Dok. Disperindag Papua)

Menurut Max, dengan diberi pelatihan ini, sumber daya manusia dapat berkreasi sehingga membuka lapangan kerja baru, di mana hasil kreasinya dapat dijadikan oleh-oleh bagi para tamu yang datang ke Papua.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Papua Petrus Pasereng, pihaknya telah mempersiapkan program untuk memenuhi kebutuhan daging hingga pelaksanaan PON XX pada 2020, selain itu Petrus optimis Papua dapat mencapai Swasembada daging.

Pelatihan Ternak (Dok. Dinas Peternakan Papua)

“Jadi semenjak Papua menerima bendera PON, kami sudah merancang sejumlah program yang dapat mewujudkan Papua mampu berswasembada daging,” kata Petrus.

Petrus menuturkan dengan dapat berswasembada daging, maka ketika PON dilaksanakan di Papua, kebutuhan daging para atlet dan rombongannya dapat dipenuhi tanpa harus mendatangkan dari luar Bumi Cenderawasih.

Pada intinya, selain dapat menikmati penyelenggaraan PON di Papua, atlet dan rombongan juga dapat melihat keunikan Bumi Cenderawasih dari sisi lainnya, baik kuliner, cinderamata, keindahan alam yang menjadi objek wisata hingga keramahan masyarakat.(DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *