Peralatan terbatas, Porlasi Papua target dua medali emas PON

oleh -92 views

Kitorangpapuanews.com – Jayapura – Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia atau Porlasi Papua menargetkan dua medali emas saat Pekan Olahraga Nasional XX di Papua, 2020 mendatang. Target itu dinilai realistis meski kini peralatan latihan atlet cabang olahraga layar Provinsi Papua terbatas.

Ketua Harian Pengprov Porlasi Papua, Joko Pambudi mengatakan peralatan yang digunakan para atletnya berlatih di Pantai Hamadi, Kota Jayapura sejak 2018, hanya perahu laser, perahu optimis serta selancar tekno.

“Target kami dua medali emas. Bahkan jika memungkinkan lebih dari itu, karena venue cabor layar di sini (Pantai Hamadi) dan atlet kami sudah mengetahui seperti apa kondisi venue,” kata Joko Pambudi, Minggu (9/6/2019).

Sebanyak 39 atlet putra/putri cabor layar kini rutin berlatih di Pantai Hamadi. Para atlet dua kali melakukan latihan fisik dan dua kali latihan teknik setiap pekan.

Peralatan latihan yang digunakan selain milik Porlasi Papua sendiri, juga ada kepunyaan Pangkalan Utama Angkatan Laut X Jayapura.

Porlasi Papua masih menunggu jadwal pemusatan latihan dari KONI Papua. Pemusatan latihan cabor layar direncanakan tetap dilaksanakan di Pantai Hamadi, yang merupakan salah satu venue PON.

“Dari 39 atlet yang kini rutin berlatih, hanya 21 orang yang akan diturunkan bertanding pada 17 nomor cabor layar saat PON mendatang,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Porlasi Papua, Mulyani mengatakan dua medali emas merupakan target minimal pihaknya. Tidak menutup kemungkinan perolehan medali emas cabor layar akan bertambah, karena motivasi sebagai tuan rumah dan para atlet sudah terbiasa dengan kondisi venue.

“Kami memiliki tiga orang pelatih yang melatih sebanyak 39 atlet. Memang banyak hal yang mesti dibenahi karena keterbatasan peralatan latihan. Namun itu bukan alasan untuk tidak maksimal ketika PON,” kata Mulyani.(red*)