PENERBANGAN TERPENDEK DUNIA ADA DI PAPUA

oleh

Jayapura (Kitorang Papua) – Transportasi udara masih menjadi andalan di Papua. Siapa sangka ternyata salah satu penerbangan terpendek dunia ada di Papua. Berikut adalah data cuplikannya:

 

Rute penerbangan komersial terpendek pertama ada dari Bandara Internasional Princess Juliana di Sint Maarten ke Bandara Internasional Clayton J Loyd, Anguilla. Jaraknya hanya 19,11 Km atau sekitar 10 menit saja (PrivateFly)

Bergeser ke Venezuela, ada rute penerbangan dari Bandara Internasional Queen Beatrix, Aruba ke Bandara Internasional Las Piedras Josefa Camejo. Dengan jarak 82 Km, rute ini ditempuh dengan waktu 8 menit saja (Luis Acosta/AFP)

Di Skotlandia, ada rute penerbangan sejauh 3 km antara Pulau Orkney dan Papa Westray di Skotlandia oleh Loganair. Waktu tempuhnya kurang dari semenit atau 53 detik saja (Loganair)

Dari tanah air, ada rute penerbangan dari Kegata menuju Apowo di Papua yang diketahui sangat terisolasi. Padahal jarak antar kedua desa itu hanya berjarak 2 Km dan 73 detik (Youtube)

Untuk penerbangan antar benua, ada rute penerbangan antara Moroko dan Gibraltar oleh maskapai Royal Air Maroc yang berjarak 69 Km. Waktu tempuhnya kurang lebih 35 menit (Gibraltar Tourist Board)

Sedangkan untuk rute penerbangan terpendek domestik, Kanada punya salah satu yang terpendek dari Toronto menuju Bandara Distrik Niagara yang berjarak 51 Km. Cukup 15 menit dengan pesawat jenis Piper Navajo (PrivateFly)

 

Papua selalu memiliki keunikan yang khas. Sehingga dunia melirik Papua sebagai bagian dari NKRI yang sangat luar biasa beraneka ragam.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *