oleh

Penerbangan Perintis & Kargo Turunkan Harga Pangan di Papua Hingga 50 Persen

-Ekonomi, News, Publik-725 views
Kitorangpapuanews.com – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti mengklaim bahwa kehadiran penerbangan perintis dan kargo membuat sejumlah harga kebutuhan pokok di beberapa daerah seperti Papua mengalami penurunan hingga 50 persen.

“Dan tahun lalu dengan adanya perintis ini ada penurunan, disparitas harganya itu sebesar 40-50 persen,” kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (9/1).

Menurutnya, sebelum adanya kedua penerbangan tersebut di wilayah Papua harga kebutuhan pokok melonjak tinggi. Namun, kehadirannya kini dapat menekan disparitas harga kebutuhan pokok daerah tersebut.

Dia menambahkan, di wilayah Papua sendiri memang paling banyak penerbangan perintis baik penumpang dan kargo, karena kontur wilayah Papua hampir seluruhnya adalah pegunungan sehingga satu-satunya akses transportasi hanyalah lewat udara.

Adapun untuk tahun ini angkutan perintis dan kargo sudah dilaksanakan di Kalimantan, Sulawesi dan Papua sebanyak 27 rute. Dengan rincian sulawesi 3 rute, Kalimantan 3 rute, dan Papua sebanyak 22 rute.

Subsidi Rp500 Miliar

Kemenhub berkomitmen meningkatkan pelayanan subsidi angkutan udara perintis penumpang, perintis kargo dan subsidi perintis angkutan kargo. Komitmen ini ditujukan melalui penandatanganan kontrak ketiganya hingga akhir 2020 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti mengatakan, dalam penandatangan kontrak tahun ini, pihaknya menganggarkan subsidi mencapai Rp500 miliar terhadap ketiganya. Adapun rute yang akan dilayani sebanyak 188 rute angkutan udara perintis penumpang, 27 rute penerbangan perintis kargo, dan 1 rute subsidi angkutan udara kargo yaitu untuk rute Timika-Wamena.

“Kami melaksanakan penandatanganan kontrak udara perintis di tahun anggaran 2020 yang baru saat ini bisa terlaksana di awal tahun Rp500 miliar total. Di semua sampai akhir tahun. Tujuannya adalah agar pelayanan tidak terputus. Dan Sudah 82 persen kontrak sudah selesai per hari ini dan mudah-mudahan sisanya menyusul sebelum minggu ke dua pada 16 januari 2020,” jelas dia.

Adapun dari 188 angkutan udara perintis penumpang terdiri dari daerah Sumatera yang terbagi 3 koordinator wilayah (korwil) dengan 24 rute. Jawa satu korwil dengan 3 rute, Kalimantan 3 korwil dengan 25 rute, dan Nusa Tenggara Timur 1 korwil dengan 4 rute. “Papua 9 korwil paling banyak dengan 116 rute jadi totalnya 188 rute,” imbuh dia.

News Feed