oleh

PENDETA ALBERT YOKU : MASYARAKAT WILAYAH ADAT TABI DAN SEIRERI DUKUNG KEBERLANJUTAN OTSUS

-Artikel, Berita, News-65 views

Kitorangpapuanews.com – Hampir genap dua puluh tahun diberlakukannya penerapan Otonomi Khusus (Otsus) di Papua, dimana penerapan Otsus dinilai sebagai solusi terbaik untuk pembangunan di Papua.

Agenda evaluasi Otsus akan dilaksanakan sebelum masa penerapan Otsus di Papua akan berakhir tahun 2021. Seiring hal tersebut akan ada wacana untuk diberlakukannya Otsus Jilid II yang mengakibatkan adanya kelompok yang menetang hal tersebut.

Menyikapi berbagai problematika yang muncul akhir-akhir ini tentang kelompok yang menolak perpanjangan Otus di Papua, Pendeta Albert Yoku sebagai Ketua Forum Masyarakat Tabi Bangkit dan juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jayapura mengkritik hal tersebut.

Pendeta Albert Yoku menyatakan bahwa Otsus dinilai sangat bermanfaat bagi Papua dalam berbagai hal dan telah mendapatkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan di empat Kabupaten.

“Otsus sangat bermanfaat bagi Papua dalam berbagai hal dan telah mendapatkan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan di empat Kabupaten yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, serta Kabupaten Mamberamo Raya,” ujarnya.

Pendeta Albert Yoku, menyatakan dengan tegas bahwa masyarakat wilayah adat Tabi dan Saireri menyatakan dukungannya terhadap keberlanjutan Otsus di Papua.

“Kami juga telah melaksanakan rapat bersama dengan suku Saireri sehingga wilayah adat Tabi dan Saireri telah menyatakan sikap bahwa otsus tetap dilanjutkan,”tegasnya.

Pendeta Albert Yoku juga meminta kepada masyarakat adat Tabi dan Saireri untuk tidak meniru dan mengikuti hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang yang berbeda paham dengan kedaulatan negara Indonesia karena hal trsebut selalu saja menciptakan kekacauan di Papua.

News Feed