oleh

Pemkab Mimika siap jadi tuan rumah Pesparawi Tanah Papua

Sebagai tuan rumah, Mimika harus siap. Sebab sukses tidaknya penyelenggaraan Pesparawi XIII se-Tanah Papua menjadi tolok ukur apakah Mimika juga siap atau tidak menjadi salah satu kota penyelenggara PON XX

kitorangpapuanews.com, Timika – Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Mimika menyatakan siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII se-Tanah Papua yang akan diselenggarakan pada 12-20 Juni 2020 di Timika.

Ketua Panitia Pesparawi XIII se-Tanah Papua John Rettob di Timika, Minggu mengatakan kegiatan tersebut akan diikuti oleh 42 kabupaten/kota dari dua provinsi di Tanah Papua, yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

“Kalau setiap kontingen mengirimkan lengkap peserta untuk berlomba pada 12 kategori yang dilombakan, maka kami memperkirakan sebanyak 12 ribu orang akan datang ke Timika untuk mengikuti ajang Pesparawi XIII se-Tanah Papua pada bulan Juni 2020. Kalau ditambah dengan ofisial dan lain-lain, kami perkirakan jumlahnya bisa mencapai 15 ribu orang,” kata John.

Wakil Bupati Mimika terpilih periode 2019-2023 itu meminta seluruh anggota panitia, masyarakat dan aparat Pemerintah Kabupaten Mimika bekerja keras untuk menyukseskan pesta iman tersebut dengan mempersiapkan berbagai fasilitas yang diperlukan untuk menunjang kegiatan dimaksud.

“Sebagai tuan rumah, Mimika harus siap. Sebab sukses tidaknya penyelenggaraan Pesparawi XIII se-Tanah Papua menjadi tolok ukur apakah Mimika juga siap atau tidak menjadi salah satu kota penyelenggara PON XX pada bulan September-Oktober 2020,” kata John, mantan Kepala Dishubkominfo Mimika, itu.

Panitia penyelenggara Pesparawi XIII se-Tanah Papua merencanakan akan mengundang Presiden RI guna membuka kegiatan tersebut pada 12 Juni 2020.

Selain membuka kegiatan Pesparawi XIII se-Tanah Papua, kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu sekaligus juga akan meresmikan sejumlah fasilitas yang dibangun oleh pemerintah, seperti Gedung Terminal Penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika.

Selanjutnya, fasilitas Mimika Sport Compleks untuk penyelenggaraan pertandingan olahraga PON 2020 yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia dan sejumlah arena PON yang dibangun oleh Pemkab Mimika serta Pasar Mama-mama Papua yang berlokasi di Pasar Sentral Timika, Pasar SP2 dan Pasar SP3.

Adapun lokasi pembukaan kegiatan Pesparawi XIII se-Tanah Papua di Timika pada Juni 2020 direncanakan akan digelar di Lapangan Pasar Lama Jalan Yos Sudarso-Jalan Bhayangkara, Koperapoka, Timika.

Lokasi tersebut selama ini menjadi arena jualan sayur oleh Mama-mama Papua dan juga para pedagang lainnya sehingga terkesan tidak terawat dan dipenuhi sampah.

“Lapangan Pasar Lama itu nantinya akan ditata rapi dan dibersihkan seluruhnya sehingga bisa menampung ribuan orang saat acara pembukaan dan penutupan Pesparawi XIII se-Tanah Papua. Ini pekerjaan berat yang membutuhkan keterlibatan semua pihak. Mudah-mudahan nanti tempat tersebut bisa menjadi bagus dan ke depan menjadi ruang publik,” ujar John.

Sebelumnya penyelenggaraan Pesparawi XII se-Tanah Papua berlangsung di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, pada 2018.(tio)

News Feed