oleh

Pemilihan Kepala Kampung Serentak Dilaksanakan 13 Desember

-News, Publik-636 views

Kitorangpapuanews.com – TIMIKA  Pemilihan kepala kampung serentak di 133 kampung yang tersebar di Kabupaten Mimika, akan dilaksanakan pada Jumat (13/12) mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika, Michaek R. Gomar mengatakan, pendaftaran calon kepala kampung sementara dilaksanakan yang dimulai sejak Kamis (5/12) kemarin. Sedangkan Kampanye dilakukan pada tanggal 11 Desember dan pada tanggal 13 Desember dilakukan pemilihan kepala kampung.

Agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar aman dan tertib, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui DPMK Kabupaten Mimika menggelar rapat koodinasi, yang menghadirkan panitia pemilihan tingkat kampung, tingkat Distrik juga Babinsa Kampung dan Kepolisian yang ada pada masing- masing distrik. 

Michael mengatakan, Rapat koordinasi, dilaksanakan untuk mengevaluasi persiapan dari panitia pemilihan yang ada dimasing- masing kampung dan distrik juga sejauh mana agar pada pelaksanaanya dapat berjalan baik dan tidak ada kendala.

“Tapi tergantung persiapan dari masing-masing distrik dan kampung. Untuk pemilihan kami akan memberikan kesempatan kepada distrik untuk mengevaluasi apakah pemilihan akan dilakukan di masing-masing kampung atau pemilihan akan dilakukan di distrik. Apapun hasilnya asalkan melalui musyawarah bersama,” kata Michael

Karena kata Michael, ada 4 distrik yang ada di pegunungan, yakni, Tembagapura, Jila, Hoya, dan Alama harus ada musyawarah bersama untuk pemilihan harus dilaksanakan dimana, karena mengingat disana terkendala dengan transportasi, dan juga situasi kamtibnas yang belum stabil. Dengan mempertimbangkan dua hal tersebut, maka sebaiknya kepala distrik melakukan koordinasi bersama masyarakat dan juga panitia yang ada untuk mencari solusinya seperti apa.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob foto bersama para pimpinan OPD dan juga Forkopimda Kabupaten Mimika. (Foto: SAPA/Jefri Manehat)

Sesudah pelantikan, ia katakan sesuai dengan petunjuk Bupati Mimika, bahwa pelantikan Kepala kampung terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 15 Desember. Namun kata Michael bahwa harus melihat kondisi dan persiapkan dari masing-masing kampung, dalam hal ini panitia pemilihan tingkat kampung, dan panitia pemilihan kampung tingkat distrik.

Karena jika pada pelaksanaan pemilihan pada tanggal 13, ada kendala maka bisa diundurkan, ataupun jika setelah pemilihan namun masih ada permasalahan yang harus diselesaikan terlebih dahulu

“Kami tetap berusaha semaksimal mungkin, agar pemilihan kepala kampung dilaksanakan pada tahun anggaran 2019. Proses pemilihan kepala kampung akan dikawal ketat oleh aparat keamanan dalam hal ini Babinsa dan juga Polsek- Polsek. Mereka juga akan masuk sebagai panitia pemilihan kampung,” kata Michael.

Sementara itu Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan panitia pemilihan harus betul- betul melaksanakan pemilihan dengan baik dan juga dapat melakukan verifikasi yang jelas kepada bakal calon kepala kampung dan tidak memandang nepotisme, agar kepala kampung yang nantinya terpilih betul- betul bekerja untuk masyarakat dan siap membangun kampung.

Sehingga tambah Wabup Jhon, kepala kampung yang dipilih nantinya dapat menjadi tokoh pada kampung tersebut.

“Kepala kampung harus bekerja untuk kepentingan rakyat, bukan untuk kepentingan pribadi dannkelompok. Kepala kampung harus benar-benar bekerja untuk membangun kampung, kepala kampung harus punya inovasi untuk bisa menciptakan hal- hal baru di kampung,” kata Wakil Bupati.

Ia berharap kepala kampung yang baru nantinya, dalam menggunakan anggaran dan juga dana desa harus dengan baik dan direncanakan dengan baik, sehingga apa yang dikerjakan atau dibangun betul-betul apa yang menjadi prioritas didalam kampung tersebut.

“Calon kepala kampung harus betul-betul siap dan punya kemampuan untuk bekerja dan membangun kampung,  punya sikap yang jujur, siap melayani masyarakat. Dan sebagai pimpinan daerah, kami akan memberikan pengawasan yang ketat terhadap semua kepala kampung dengan semua penggunaan dana terlebih dana desa,” tuturnya.

News Feed