PEMERINTAH SEMAKIN GENCAR MEMBANGUN PAPUA

oleh

Jayapura (Kitorang Papua) –  Apa yang ada di benak masyarakat awam tentang Papua? Papua dipandang seolah primitif dan terbelakang. Selain itu, Papua dianggap masih cukup rawan karena ada kelompok kriminal bersenjata. Sehingga wajar apabila destinasi wisata terbaik yang ada di Papua masih relatif sepi pengunjung. Padahal keindahan alamnya sangat luar biasa indah.

Kondisi Papua saat ini tidak lah se primitif yang dibayangkan masyarakat awam. Karena pemerintah terus gencar membangun Papua. Pemerintah sangat fokus terhadap pembangunan di Papua. Guna mempercepat kemajuan ekonomi di sana, salah satunya melalui kebijakan satu harga BBM. Yaitu kebijakan yang memberlakukan harga BBM di Papua sama dengan di Jawa. Ini menjadi terobosan dan membuat perekonomian melesat dengan cepat di Papua. Seperti halnya, harga bahan bangunan semen yang asalnya seharga Rp 2 juta per sak, padahal di Jawa hanya Rp 60 rb, kini bisa ditekan menjadi Rp 500rb per sak.

Menteri BUMN Rini Soermarno mengatakan jika pemerintah melalui BUMN terus berupaya  membangun dan memberi pemerataan ekonomi di berbagai titik di Indonesia. Salah satu fokus di Papua.

“Di 2016 saja, harga semen di Puncak Jaya sampai Rp 2 juta per sak. Sementara di Jakarta Rp 60 ribu. Alhamdulillah, kami berhasil menurunkannya tanpa subsidi dari pemerintah menjadi Rp 500 ribu per sak,” jelas Rini.

Di sisi lain pemerintah terus membangun jalan baru di berbagai daerah di Papua untuk bisa membuka akses ke daerah terpencil. Selain itu, pemerintah juga gencar membangun BTS (Base Transceiver Station), melalui PT Telkom dan Telkomsel serta Kominfo guna menjangkau daerah terpencil sekalipun.

Kondisi kini papua sudah mulai modern. Sehingga apabila masyarakat awam saat ini datang ke Papua mereka dapat merasakan bahwa Papua saat ini sudah sangat maju. Pun dengan masayarakat asli Papua, mereka semakin mudah untuk memperoleh akses pendidikan maupun kesehatan, bahkan sudah bisa mengenal internet.

Upaya tersebut tentunya merupakan buah hasil kerjasama baik antara pemerintah pusat maupun daerah, termasuk upaya dari masyarakat Papua yang dengan kerelaan membantu kemajuan pembangunan di Papua. Karena mereka sangat mencintai NKRI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.