oleh

Pemekaran Papua Tengah Disetujui Komisi II DPR

-News-815 views

Kitorangpapuanews.com – “Jadi dari perjuangan sekian lama, hari ini baru dijawab oleh DPR RI Komisi II. Intinya sudah setuju untuk pemekaran Papua Tengah. Jadi kami dari wilayah Papua Tengah mengucapkan banyak terima kasih kepada DPR RI Komisi II,” kata Isaias di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Bupati Nabire Isaias Douw menyebut Komisi II DPR telah menyetujui pemekaran Provinsi Papua Tengah. Pernyataan Isaias itu awalnya disampaikan seusai rapat dengar pendapat umum (RDPU) di DPR. Selain Isaias, ada sejumlah bupati lain dari Papua yang datang ke DPR.

Doli pun menyampaikan pesan agar jangan sampai, saat masalah di tingkat pusat hampir selesai, masyarakat di Papua justru belum rampung berkonsolidasi. Ia mewanti-wanti kesiapan masyarakat Papua terkait pemekaran ini.

“Misalnya, kan di tahun 2009 itu pernah terbit UU Nomor 45 tentang Pemekaran Papua. Waktu itu ada Papua Tengah. Satu-satunya dalam UU itu yang tidak terimplementasi adalah terbentuknya Provinsi Papua Tengah karena berebut ibu kota,” ujar Doli.

“Jangan sampai nanti di Jakarta ini sudah kita melakukan konsolidasi, kemudian katakanlah nanti kita sudah menemukan formula yang tepat untuk melakukan pemekaran itu, ternyata masyarakat di sana belum siap,” imbuhnya.

News Feed