oleh

PEMDA PAPUA KEMBANGKAN KOPI PAPUA AGAR SEMAKIN MENDUNIA

Jayapura, Kitorang Papua – Papua mulai terkenal dengan kopinya yang beraroma khas dan sedap. Karenanya Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK), menganjurkan masyarakat yang berdomisili di wilayah pegunungan untuk membuka kebun kopi, menggarap  dan mengembangkannya secara baik.

Upaya ini mendapat dukungan penuk dari pemerintah. Sebagimana diungkapkan oleh Kepala BPMK Papua Donatus Motte, mengatakan permintaan kopi asal Papua sangat tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. Karena itu, paling tidak setiap kampung harus punya 2 hektar kebun kopi.

“Ini sifatnya kebun bersama, tapi jika ada kebun milik sendiri wajib tanam kopi,” kata Motte, di Jayapura, Kamis (21/02).

Untuk wujudkan ini, dirinya minta para kepala daerah memberi dukungan. Apalagi saat ini dana desa untuk Papua lebih besar jika dibandingkan tahun lalu.

Gubernur Papua Lukas Enembe menginginkan seluruh potensi yang ada di atas tanah Papua, seperti sagu dan kopi dikembangkan secara baik, guna meningkatkan sektor perekonomian masyarakat.

“Kualitas sagu dan kopi Papua tak perlu diragukan lagi, namun yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana cara mengembangkannya dengan baik,” kata Enembe.

Untuk itu diperlukan upaya yang sinergis untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengembangkan sumberdaya alam ini.

Kitorang optimis, program ini akan berhasil dan akan mengharumkan Papua, seperti harumnya aroma kopi Papua. (*)

News Feed