PEMDA PAPUA AKAN MILIKI 10 PERSEN SAHAM PT. FREEPORT

oleh

Jakarta, Kitorang Papua – Pemerintah Daerah (Pemda) Papua akan memiliki saham Freeport. Setalah PT. Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) berencana untuk memberikan pinjaman ke Pemda Papua sebesar USD 900 juta, untuk memiliki 10 persen saham Freeport Indonesia.

Hal ini sebagaimana dituturkan oleh Pihak PT. Inalum. Head of Corporate Communication PT. Inalum, Rendi Achmad Witular, mengatakan pengembalian pinjaman yang diberikan Inalum ke Pemda Papua‎ melalui dividen, atas pengelolaan tambang Freeport Indonesia.

“Dicicil dari dividen, kita belum tahu berapa detailnya,” kata Rendi, di Jakarta, Kamis (18/10).

Rendi menuturkan, tidak semua dividen jatah Pemda Papua digunakan untuk membayar pinjaman, sehingga Pemda Papua tetap menikmati dividen dari ‎pengelolaan tambang Freeport Indonesia. Namun, dia belum bisa menyebutkan detil porsi dividen yang dialokasikan untuk membayar pinjaman dan tenor pinjaman.

Rendi melanjutkan, pinjaman USD 900 juta yang diberikan Inalum ke Pemda Papua, merupakan bagian dari anggaran untuk membeli 41,64 persen saham Freeport Indonesia dengan total nilai USD 3,85 miliar.

“USD 900 juta pinjaman dari USD 3,85 miliar, kita bayar ke mereka itu ada uangnya pemda,” ‎kata dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *