oleh

Pembatasan Jaringan Internet Hambat Pelayanan di Disdukcapil Jayapura

-News, Publik-400 views
Petugas Dispendukcapil Kota Jayapura saat melayani warga. 

Kitorngpapuanews.com, Kota Jayapura – Dinas Kependudukan dan Pancatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura masih melakukan pelayanan administrasi kependudukan secara manual. Hal ini dikarenakan masih belum aktifnya internet di Kota Jayapura.

Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli menyebutkan sebelumnya pelayanan dilakukan dengan sistem barcode. Namun karena jaringan internet terdapat gangguan sejak aksi anarkis pada 29 September 2019 lalu, maka semua proses penandatanganan dilakukan secara manual.

“Kami juga tak bisa melakukan cetak KTP, tandatangan elektronik, akte kelahiran, akte kematian dan kartu keluarga,” kata Kadis Dukcapil Kota Jayapura, Merlan S Uloli, Kamis 12 Septembe

Merlan menyebutkan terganggunya layanan internet, sangat menghambat pelayanan kepada masyarakat. Termasuk waktu berkunjung warga ke Disdukcapil Kota Jayapura yang lebih sepi dari hari biasanya.

“Mungkin karena situasinya belum nyaman, masih sedikit warga yang melakukan perekaman data pada Dukcapil,” ujarnya.

Aksi anarkis di Kota Jayapura yang terjadi pada 29 September 2019, menyebabkan akses internet di Jayapura dibatasi. Hingga kini, pengguna internet di Kota Jayaapura mengandalkan jaringan Indihome dan satelit. Sementara untuk jaringan data, belum dapat dilakukan.

News Feed