PEMBANGUNAN JALAN PAPUA NUGINI TEMBUS HINGGA MERAUKE

oleh

Port Moresby, Kitorang Papua – Secara geografis, Provinsi Barat di Papua Nugini lebih dekat ke kota-kota di Provinsi Papua, Indonesia, dibandingkan ke Port Moresby, ibu kota Papua Nugini.

Karenanya, James Donald, salah satu anggota parlemen Papua Nugini, mengatakan warga dari Provinsi Barat Papua Nugini akan lebih banyak membutuhkan uang untuk melakukan perjalanan ke maupun dari Port Moresby. Tapi dengan akses langsung ke sejumlah kota di Provinsi Papua, Indonesia, seperti Merauke misalnya, maka akan lebih memudahkan warganya.

Upaya ini telah didukung oleh tiga anggota parlemen dan gubernur Provinsi Barat di Papua Nugini. Mereka membangun jalan yang rencananya akan menghubungkannya hingga ke Merauke, Provinsi Papua, Indonesia. Pembangunan jalan hingga saat ini telah mencapai hampir tiga kilometer.

James Donald yang juga terlibat dalam proyek mengatakan pembangunan jalan ini nantinya akan memudahkan warga dari Indonesia dan Papua Nugini untuk berdagang barang dan jasa.

“Jalanan yang menghubungkan Indonesia dari Provinsi Barat akan membantu warga untuk memiliki akses yang lebih mudah dan lebih murah untuk barang dan jasa dari Indonesia,” ujar James.

“Tahun depan pembangunan jalan akan rampung diikuti dengan bangunan yang dibutuhkan untuk imigrasi dan keamanan, seperti di perbatasan internasional lainnya,” jelas James.

Menurut James, Indonesia menjadi negara tetangga terdekat Papua Nugini dan mereka memiliki kesempatan untuk membangun perbatasan demi kepentingan warga Provinsi Barat.

“Kami bukan musuh Indonesia, juga kami belum menggunakan kesempatan ini untuk memajukan warga dan jaringan kami.”

James menambahkan proyek besar pembangunan infrastruktur ini telah mendapat dukungan dari pemerintah Papua Nugini bekerja sama dengan mitra di Indonesia. (*)