oleh

Pemakaman Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan di Pimpin Gubernur Papua Barat

-Artikel-87 views

Kitorangpapuanews.com – “Ide, tenaga dan pemikiran konstruktif masih dibutuhkan, banyak harapan usulan program kerja, yang belum terselesaikan secara optimal, karena masa kerja pasangan Demas Paulus Mandacan dan Edi Budoyo periode 2016 – 2021,” tuturnya dalam sambutan pemakaman, Kamis, 23 April 2020.Pemakaman jenazah almarhum Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan dipimpin langsung Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan. Pemakaman ini dilakukan di Taman Bahagia, Manokwari, Papua Barat, Kamis, 23 April 2020.

Menurut Gubernur Papua Barat Dominggus Madacan, tak hanya keluarga yang merasa kehilangan sosok Demas Paulus Mandacan. Namun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan daerah, karena ada banyak karya dan pengabdian telah diberikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Manokwari.

Dominggus juga mengatakan, sebagai Gubernur Papua Barat dirinya mengucapkan terimakasih kepada istri tercinta Indah Purnamasari yang telah mendukung dan mendampingi semua tugas, baik dalam suka maupun duka menjalankan tanggungjawab itu semua dukungan dari istri dan anak-anak.

“Namun Tuhan menghendaki lain, hari ini kita berkumpul disini menyaksikan kuasa Allah melalui peristiwa kematian manusia. Sesungguhnya kehidupan bermula dan berakhir sesuai kehendak Tuhan. Tuhan yang memberi, Tuhan pula yang mengambil terpujilah nama Tuhan,” ucap Dominggus, yang juga Kepala Suku Besar Arfak ini.

Dalam pemakaman ini, isak tangis mengiringi prosesi pemakaman Sang Bupati, mulai dari ibadah penguatan di rumah duka, Kantor Bupati Manokwari di Sowi Gunung, Gereja Erikson Trit Jalan Merdeka, serta ibadah pelepasan saat hendak pemakaman. Ratusan warga dan ASN Manokwari yang hadir dalam pemakaman itu tampak berderai air mata.

Selain dihadiri Gubernur Papua Barat Dominggus Madacan, pemakaman ini juga dihadiri Wakil Gubernur Papua Barat M. Lakotani, Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo, Wakil Bupati Manokwari Selatan Wempi Rengkung, Dandim 1801 Manokwari Kolonel Inf Juniras Lumbantoruan, Kafasharkan Manokwari Kolonel Laut (T) Purwoko dan bersama seluruh unsur Forkompimda Manokwari dan Papua Barat.

Sekadar diketahui, Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan dikabarkan meninggal dunia diduga sakit jantung pada pukul 21.10 WIT, Senin 20 April 2020. Paginya, dia masih sempat mengikuti pertemuan bersama Gubernur Papua Barat dan sejumlah bupati lainnya. Pertemuan itu membahas dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Demas Paulus Mandacan meninggalkan seorang istri dan 5 orang anak. Demas lahir di Manokwari 5 Februari 1975, SD Prafi 1987, SMP Warmare 1990, SMAN 3 Sentani 1994 dan mendapatkan gelar sarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menempuh pendidikan di Magister Ekonomi Pembangunan

Perjalanan politiknya, Demas merupakan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan kini menjabat Ketua DPD PDIP Papua Barat. Demas menjadi Bupati Manokwari bersama wakilnya, Edi Budoyo untuk periode 2016-2021. Demas dan Edi berencana kembali berpasangan mengikuti pilkada periode berikutnya.

 

News Feed