oleh

PELATIHAN BAGI PARA KHOTIB DI JAYAPURA

Jayapura, Kitorang Papua – Muslim yang menjadi minoritas di wilayah Papua, tidak menyurutkan semangat bagi para menganut agama terbesar di Indonesia ini untuk terus menebar syi’ar kebaikan. Seperti yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Khotib (FKK) Kabupaten Jayapura yang menggelar pelatihan khotib bagi puluhan khotib. Khotib merupakan penebar kebaikan dan penceramah kepada muslim pada saat ibadah Jum’at.

Pada kesempatan itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, yang diundang untuk membuka kegiatan, mengapresiasi serta memberikan arahan kepada para peserta yang akan mengikuti pelatihan tersebut.

Bupati Awoitauw usai acara pembukaan mengatakan pelatihan yang dilakukan ini sangat penting. Pembekalan pengetahuan agama yang lebih baik sehingga para khotib ini juga mempunyai kapasitas lebih baik untuk membimbing umat.

“Kalau di Kristen, ini namanya pelayan jemaat. Mereka mempunyai basis yang kuat. Oleh sebab itu dalam diskusi kita tadi banyak hal yang dibicarakan termasuk kebijakan-kebijakan pemerintah saat ini dan para khotib ini juga dapat menjelaskan kepada umatnya,” jelas Bupati Awoitauw, di Hotel Grand Alison, Sabtu (19/1), mengutip pada tabloidjubi.com.

Di tempat yang sama, Ketua FKK Kabupaten Jayapura, Hasyim Utina, mengatakan kegiatan yang sama pernah dilakukan empat tahun lalu. Sejalan dengan digelarnya Muswarah Daerah FKK, untuk lebih meningkatkan kapasitas para khotib, dilakukan pelatihan lagi.

“Dalam kegiatan pelatihan ini kita berharap para khotib nantinya paham bagimana membawakan atau berdakwah dengan baik sejalan dengan ajaran Islam yang sesungguhnya.” kata Utina.

Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan Forum Khotib, Mustopa, mengatakan kegiatan pelatihan dilaksanakan sehari dan diikuti 70 khotib di Kabupaten Jayapura.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengemas ajaran Islam yang rahmatan lil alamin,” pungkasnya. (*)

News Feed