oleh

Pelapor Khusus PBB untuk Kesehatan memenuhi undangan Pemerintah RI.

-Artikel-1.973 views
Pelapor Khusus PBB untuk Kesehatan, Dainius Puras.

Jayapura – Pelapor Khusus PBB untuk Hak atas Kesehatan, Dainius Puras direncanakan mengunjungi Papua atas undangan Pemerintah Indonesia. Kesediaan PBB untuk memenuhi undangan, disambut baik pemerintah Indonesia, hal ini bertujuan sebagai upaya kooperatif pemerintah dalam meyakinkan dunia internasional terkait peningkatan pelayanan kesehatan.
Pemerintah daerah Papua berharap kunjungan Pelapor Khusus PBB yang akan meninjau situasi kesehatan Papua memberikan solusi yang positif yang dapat bersinergi dengan program pemerintah dalam pelayanan kesehatan yang menyeluruh. Pemerintah pun akan melaporkan perkembangan taraf kesehatan Papua yang semakin tahun semakin ditingkatkan dan dibangun dari aspek fasilitas, tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan serta jaminan kesehatan bagi masyarakat melalui program Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) dalam bidang kesehatan.
Selama ini yang menjadi kendala di Papua adalah fasilitas kesehatan yang kurang lengkap, tenaga medis yang terbatas dan akses jalan serta alat transportasi yang sulit untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di pedalaman Papua, masyarakat di pedalaman butuh tenaga kesehatan yang terampil yang dapat melayani masyarakat.
Beberapa masyarakat asli Papua ketika dikonfirmasi terkait harapan mereka dengan adanya kunjungan dari Pelapor Khusus PBB ini menyampaikan bahwa mereka sangat berharap Pelapor Khusus PBB dapat bersinergi dengan Pemerintah Pusat untuk mencarikan solusi kendala di bidang kesehatan di Papua dengan memberikan beasiswa untuk anak-anak asli Papua untuk sekolah/kuliah di bidang kesehatan, agar tenaga kesehatan lebih banyak lagi, terutama untuk menjangkau daerah-daerah pedalaman di Papua.
Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Christian Warinussy meminta seluruh komponen rakyat Papua di tanah Papua mempersiapkan diri menerima kehadiran pejabat PBB, ia juga berharap semua pihak dapat kooperatif dengan pejabat PBB tersebut untuk membantu masyarakat Papua dalam mencari solusi di bidang kesehatan. Ia juga berharap agar semua komponen masyarakat memberikan kondisi yang aman dan kondusif sehingga dapat dinilai oleh Pejabat PBB bahwa Papua adalah daerah yang aman, damai dan indah, ia pun berharap masyarakat dapat bersama-sama dengan pemerintah untuk membangun Papua menjadi lebih sejahtera baik di bidang kesehatan, ekonomi, sosial dan pendidikan.

News Feed