oleh

Pekerjaan Jalan Trans Papua Dihentikan Sementar

-News, Publik-127 views

Kitorangpapuanews.com, Jayapura : Pekerjaan jalan Trans Papua di sejumlah titik di wilayah setempat saat ini dihentikan sementara, alasannya karena faktor keamanan dan momen perayaan Natal 2019.

Hal ini disampaikan Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XVIII Jayapura, Oesman Marbun di Jayapura, Senin (2/12/2019).

Oesman mengakui dua hal tersebut menyebabkan pekerjaan jalan Trans Papua tak efektif pada bulan ini. Namun, ia memastikan pekerjaan Trans Papua dilanjutkan pada Januari 2020.

“Sebenarnya akhir tahun ini jalan Trans Papua direncanakan sudah diresmikan, tetapi karena kendala tersebut jadi ditargetkan rampung pada 2020,” kata Oesman.

Ia menerangkan pekerjaan jalan Trans Papua yang berhenti sementara itu di antaranya pekerjaan ruas jalan dari Dekai – Kenyam dan Ilaga – Sinak.

“Secara keseluruhan pekerjaan jalan Trans Papua sudah mencapai 97 persen, sisanya 3 persen yakni 26 Km harus tuntas di 2020,” tambahnya.

Oesman pun berencana bakal menghentikan kontrak dengan perusahaan yang tengah mengerjakan pembangunan jalan Trans Papua di daerah rawan dan menyerahkan sepenuhnya kepada Zipur TNI.

“Saat ini pihak TNI baru sebatas mendukung keamanan, tapi skema kedepan kira-kira untuk jalan Trans Wamena-Kenyam akan dikerjakan oleh Zipur seluruhnya,” imbuhnya.

News Feed