oleh

Patroli Kesehatan, Prajurit Kostrad Sisir Perbatasan di Papua

-Artikel-184 views

Kitorangpapuanews.com-Prajurit Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad, menggelar patroli kesehatan di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, dengan menyisir rumah-rumah warga.

Prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini di Pos Ubrub, menggelar patroli kesehatan untuk melayani masyarakat di Kampung Umuaf, dan Yamrab, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Danpos Ubrub, Lettu Inf. Abdul Katrub mengatakan, kampung tersebut berjarak 8 Km dari pusat Distrik Web, Kabupaten Keerom, untuk pelayanan kesehatan di kampung tersebut hanya dilaksanakan sekitar sebulan sekali oleh Puskesmas Ubrub.

Kegiatan ini, menurutnya merupakan bentuk kepedulian Satgas terhadap masyarakat Kampung Yamrab, dan Umuaf, yang masih terbatas mendapatkan pelayanan kesehatan. Di samping itu, kebiasaan masyarakat yang masih enggan untuk dirawat inap jika mengalami sakit dikarenakan jarak yang jauh, tidak adanya sarana transportasi.

Kegiatan patroli kesehatan ini dimulai dengan anjangsana mendatangi rumah-rumah warga yang ingin berobat dan mengalami sakit, masyarakat sangat antusias melihat kedatangan tim kesehatan dari Pos Ubrub yang dipimpin oleh Bintara Kesehatan Pos (Bakes) Serda Enggar, beserta sembilan orang anggota.

“Satgas Yonif Raider 509 Divif Kostrad yang berada di Pos Ubrub, selalu ikut ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan. Kegiatan patroli keamanan di sekitar kampung Umuaf, dan Yamrab, selalu disertakan personil kesehatan untuk memberikan pelayanan pengobatan keliling dari rumah ke rumah,” tuturnya.

“Senyum ceria dan dapat beraktivitas kembali dari warga masyarakat yang kembali sehat dengan pelayanan kesehatan keliling sangat kita harapkan. Semoga seluruh warga Web, merasa terbantu dengan kehadiran Satgas Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad,” imbuhnya.

Patroli kesehatan ini, mendapat respons positif dari Kepala Kampung Umuaf, Darius Debem, dan Kepala kampung Yamrab, Leonardus Jumbun. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian anggota Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Raider 509 Divif 2 Kostrad yang sudah peduli terhadap kesehatan warga di wilayahnya.

Patroli Kesehatan, Prajurit Kostrad Sisir Perbatasan di Papua

Upaya memberikan layanan kesehatan keliling ke rumah-rumah warga di perbatasan Indonesia-Papua Nugini, juga dilakukan para prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad di Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Dansatgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya dalam rilis tertulisnya menyebutkan, layanan kesehatan keliling ini merupakan salah satu bentuk nyata kehadiran Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad.

“Kehadiran kami di perbatasan, harus selalu bisa dirasakan oleh masyarakat diperbatasan, hal ini diwujudkan salah satunya melalui layanan kesehatan bagi warga di sekitar pos melalui kegiatan pengobatan keliling,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, layanan kesehatan keliling ini dilaksanakan tim kesehatan Pos Rawa Biru yang dipimpin langsung Danpos Letda Inf Raden Adityas, bersama Bintara Kesehatan (Bakes) Serka Abdul Hanif dan Tamtama Kesehatan (Takes) Praka Joko Lelono, serta dua anggota lainnya.

“Dalam kegiatan tersebut, tercatat ada 14 orang warga yang mendapat pelayanan pengobatan dari Tim Kesehatan Pos Rawa Biru, berbagai macam keluhan sakit yang dirasakan warga di antaranya demam, batuk, flu, sakit kepala, sakit pinggang, bekas luka bakar, dan gatal-gatal pada kulit,” pungkasnya.

Alumni Akmil tahun 2003 tersebut menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Satgas, untuk terus membantu masyarakat di perbatasan dalam hal kesehatan, sekaligus sebagai sarana untuk mempererat hubungan silaturahmi dan memperkokoh kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Salah satu warga yang mendapat pelayanan pengobatan, Melkior Dimar mengatakan, bahwa warga Kampung Rawa Biru, sangat terbantu sekali dengan pelayanan pengobatan keliling yang dilaksanakan Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad

“Saya sangat senang dengan kemurahan hati bapak-bapak TNI dari Pos Rawa Biru, yang rela datang langsung ke rumah–rumah warga. Terima kasih bapak tentara, telah memberikan pelayanan pengobatan keliling kepada kami warga kampung yang jauh dari kota ini,” ucap Melkior.

News Feed