oleh

Pasien Sembuh Corona Bisa Jadi Agen Perubahan Pencegahan Covid-19

-Berita-26 views

kitorangpapuanews.com — Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dokter Nyoman Sri Antari meminta kepada pasien sembuh corona untuk membantu pemerintah dengan menjadi corong atau agen perubahan dalam pencegahan corona, mulai dari keluarga hingga lingkungan sekitarnya.

Misalnya, jika ditemui warga yang tak menggunakan masker, bisa ditegur dan minta orang tersebut menggunakan masker. Termasuk tetap rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya.

“Pasien sembuh hari ini sebagian besar dari klaster Hamadi. Saya dan Pak Wakil Wali Kota sudah keliling ke pemukiman di Hamadi. Saya hanya berpesan, jika sudah pulang nanti, tolong jaga kebersihan lingkungan, rumahnya dibersihkan dan jangan membuang sampah sembarang,” jelasnya, Minggu 14 Juni 2020, saat melepas 42 orang pasien sembuh dari corona di salah satu hotel di kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

“Tetap olahraga dan berjemur. Jika di Hamadi sulit berjemur, bisa ke pantai untuk berjemur. Corona ini membuat kita hidup lebih bersih dan disiplin,” jelasnya. Ia pun meminta maaf kepada pasien, jika selama perawatan di hotel mendapatkan tutur kata dan tindakan dari perawat, tenaga medis ataupun petugas hotel yang tak ramah.

“Pada dasarnya, kami ingin memberikan pelayan terbaik, serta bapak dan ibu tetap sehat. Kami berharap sisa pasien yang sembuh, semua hasil swab bisa negatif, sehingga bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga,” katanya.

Secara kumulatif pasien positif corona di Kota Jayapura sebanyak 574 orang, dengan rincian pasien yang masih dirawat sebanyak 403 orang dan sembuh dari corona 163 orang, serta jumlah kematian 8 orang.

News Feed