oleh

Pasca 6 anggota KKSB OPM Tewas oleh TNI-Polri, Kapolda Papua Sebut Kondisi di Tembagapura Sudah Relatif Aman Terkendali

-Artikel, News-1.163 views

Kitorangpapuanews.com –  Pasca, kontak senjata yang terjadi antara aparat gabungan TNI/Polri dengan kelompok kriminal Separatis bersenjata (KKSB OPM) yang terjadi di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, pada Minggu (15/3/2020), kondisi sudah aman terkendali. Hal itu diungkapkan Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw di Jayapura, Senin (16/3/2020). Ia mengatakan, aparat keamanan sudah menguasai kawasan Tembagapura. Tetapi, masyarakat yang sebelumnya memilih mengungsi, belum berani kembali ke rumahnya. “Kondisi di Tembagapura sudah relatif aman terkendali, tapi masyarakat belum kembali,” kata Waterpauw.

Waterpauw mengatakan, dalam insiden baku tembak tersebut empat orang KKB tewas tertembak. Kejadian itu, katanya, terjadi dalam proses penegakan hukum terhadap 5-6 KKB yang tergabung di wilayah tersebut. Pada saat terjadi kontak senjata, lanjutnya, KKSB di sana bersatu. Kontak senjata sendiri terjadi di sekitar Opitawak. “Berhasil dilumpuhkan enam orang (anggota KKSB) dan sudah kami amankan senjatanya, ada tiga pucuk senpi, kemudian (senjata) yang lain panah dan sebagainya,” ujarnya.

Waterpauw menegaskan, upaya penegakan hukum terhadap KKSB yang terus melakukan teror kepada warga dan aparat, akan terus dilakukan. Sementara itu, dari hasil identifikasi diketahui empat anggota KKSB yang tewas dalam baku tembak tersebut bernama Mudah Waker, Moni Waker, Lani Magay, Lera Magay, Epina Magay dan Sikop Lawiya Magay.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan penegakkan hukum terhadap anggota KKSB yang meresahkan warga. “Pasca-kejadian tersebut saat ini situasi keamanan di Distrik Tembagapura aman dan kondusif,” kata Kamal.

 

News Feed