Papua Siapkan 11 Atlet Terbaiknya Di Ajang Asian Para Games (APG) 2018

oleh

Kitorangpapuanews.com – Sedikitnya sebelas atlet penyandang disabilitas asal Papua siap tampil di Asian Para Games (APG) 2018. Ke-11 atlet ini akan membela kontingen Indonesia dan turun di lima cabang olahraga (Cabor).

Ketua National Paralimpik Comitte (NPC) Papua, H. Jayakusuma kepada awak media, Sabtu (25/2/2018)  menginformasikan, atlet NPC Papua yang siap membela Indonesia tersebut saat ini ditempa dalam pemusatan latihan atau Training Centre (TC) di Solo, Jawa Tengah.

“Atlet kita (NPC Papua) ada 11 orang yang akan ikut Asian Para Games bulan Oktober di Jakarta-Palembang,” kata Jayakusuma.

Ia merinci ke-11 atlet itu masing-masing Marinus Melianus Yowey dan Manaser Number Youw (cabor renang), Abraham Elopere dan Zeth K Baransano (atletik), Yusuf Esema dan Muhammad Ridwan (menembak),  Hanya Resty dan Idayani (tenis meja putri) dan cabor tenis lapangan kursi roda atas nama Agus Fitridi, Sri Atun dan Erwin Subrata.

Jayakusuma mengaku Papua salah satu daerah yang banyak sumbang atlet masuk Pelatnas APG 2018, selain sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Sumatera Utara.

Jayakusuma yang juga menjabat Kepala Distrik (Kadistrik) Heram, Kota Jayapura ini berharap, atlet disabilitas Papua mampu memberikan prestasi bagi Indonesia.

“Atlet NPC Papua dipanggil karena berprestasi, bukan kita asal kasih masuk nama,” tegasnya.

Sebagai tuan rumah Asian Para Games (APG) 2018, Indonesia bersiap untuk menerima kehadiran sekitar 3.000 atlet penyandang disabilitas dan ofisial dari 43 negara anggota Asian Paralympic Committee.

Atlet-atlet kebanggaan Indonesia ini nantinya akan bersaing dalam 18 cabang olahraga dengan 582 nomor pertandingan yang akan digelar, harapannya atlet-atlet terbaik Papua yang akan memperkuat Kontingen Indonesia dapat memperoleh gelar juara dan mengharumkan nama Indonesia dan Papua. (**)