oleh

PAPUA NUGINI PUN MENOLAK ISU KEMERDEKAAN PAPUA

-Artikel, Sosial-1.217 views

Jayapura, Kitorang Papua – Aksi biadab kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali mencuatkan isu kemerdekaan Papua setelah terjadi peristiwa penembakan terhadap 31 pekerja proyek jalan Trans Papua di Nduga pada 2 Desember 2018 lalu. Kemudian mereka menuntut pemisahan diri Papua dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Perjuangan KKB yang menuntut kemerdekaan hanyalah upaya sia-sia. Mereka tidak menyadari bahwa mereka dimanfaatkan oleh kelompok intelektual untuk kepentingan dirinya sendiri. Isu kemerdekaan Papua sebenarnya sudah ditolak mentah-mentah oleh PBB, bahkan negara tetangga Papua Nugini pun menolak kemerdekaan Papua.

Pada September lalu, Papua Nugini menegaskan tidak akan mendukung isu Papua Barat yang diajukan Vanuatu ke PBB.

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Papua Nugini, Rimbink Pato, Papua Barat masih merupakan bagian integral dari Indonesia dan Papua Nugini di bawah kebijakan luar negerinya tidak akan mengganggu hal itu dan hukum internasional, menurut laporan Vanuatu Independent 20 September, yang dikutip pada 6 Desember 2018.

Hal ini disampaikan Pato saat ditanya tentang posisi Papua Nugini di Papua Barat, mengingat fakta bahwa Vanuatu sangat gencar mengusung isu Papua Barat di PBB.

“Kami keberatan, jadi Papua Nugini tidak akan dan tidak mendukung tindakan apa pun yang diambil oleh Vanuatu, jadi kami menolaknya,” katanya pada September lalu.

“Setiap tindakan untuk mendukung akan menjadi pelanggaran hukum internasional, Anda tahu Papua Barat atau Papua masih bagian dan merupakan bagian integral dari Republik Indonesia dan kami memiliki hubungan bilateral dengan Republik Indonesia, jadi kami tidak akan mendukung itu,” tambahnya.

Papua Nugini adalah negara utama dalam Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Island Forum. Berbagai lobi dari negara-negara MSG dan Pasifik untuk mendukung Papua Barat telah dilakukan oleh kelompok ini.

Pato menegaskan sikap pemerintah Papua Nugini adalah tidak akan mendukung Vanuatu untuk Papua Barat di tingkat PBB.

PBB telah menolak petisi kemerdekaan Papua Barat pada 30 September tahun lalu dan menyatakan tidak akan mengambil langkah apapun untuk melawan Indonesia. (*)

News Feed