oleh

Papua Membara, KKB Dikabarkan Bakar Gereja, Kapolda: Tingkah Laku Mereka Kejam

Kitorangpapuanews.com -Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen dan Jhony Botak dikabarkan melakukan pembakaran ke sebuah gereja yang berada di Kampung Opitawak, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Namun, kabenaran mengenai kabar tersebut belum bisa terkonfirmasi dengan baik.

“Kalau dia (KKB) sampai membajar gereja itu menunjukan tingkah laku kekejaman, kekerasan manusia itu (KKB), kalau ada ya, tapi saya pikir itu hoaks,” ujar Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, di Jayapura, Selasa (17/3/2020).

Meski belum bisa membenarkan kabar tersebut, Waterpauw berpendapat bila ternyata informasi tersebut benar, maka itu semakin membuktikan tabiat dari para pimpinan KKB.

“Artinya, jangan menuding kami, kutuklah manusia-manusia (KKB) itu, tidak ada relevansinya kalau dia membakar gereja,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, warga di Tembagapura minta dievakuasi karena KKB dari berbagai wilayah di pegunungan Papua sudah berada di sekitar kampung mereka.

Anggota KKB menebar teror dengan menembaki pos penjagaan TNI-Polri. Aksi itu membuat warga merasa terancam. Hingga kini, sebanyak 1.700 warga Tembagapura sudah mengungsi ke Timika.

Untuk mengamankan kawasan Tembagapura, baik dari TNI maupun Polri telah menurunkan 3.000 personel.Polisi menyebut setidaknya ada 5-6 KKB yang kini bergabung di Tembagapura  Di antaranya adalah Lekagak Telenggen, Egianus Kogoya, Jhony Botak, Militer Murib dan Gusbi Waker.

Pada Minggu (15/3/2020), terjadi kontak senjata antara aparat gabungan TNI/Polri dengan KKB di sekitar Kampung Opitawak.Dari kejadian tersebut, 4 anggota KKB tewas dan aparat berhasil mengamankan 3 pucuk senjata api dan beberapa senjata tradisional.

News Feed