oleh

Papua Kondusif

-News, Publik-178 views

Kitorangpapuanews.com -Jayapura- Situasi Papua tetap kondusif di hari jadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember. Masyarakat di Papua beraktivitas seperti biasa.

“Pada umumnya kondusif, malah hari ini ada perayaan Gerbang Natal yang terpusat di Taman Imbi, Jayapura. Masyarakat terkosentrasi di sana menyambut Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember,” kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Minggu, 1 Desember 2019.

Waterpauw mengatakan ada riak kecil saat sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ingin melakukan ibadah di Lapangan Dogiyai, Papua. Namun, permintaan itu tak diizinkan aparat keamanan.

“Mereka membubarkan diri dengan tertib walau ada lakukan orasi sedikit. Ada juga tadi pagi di Sentani sekitar 24 warga yang diamankan karena kedapatan membawa senjata tajam (sajam), dan sedang diperiksa oleh Polres Sentani,” ujar dia.

Kepolisian juga masih memeriksa empat warga yang kedapatan membawa atribut Bintang Kejora ke dalam Gereja Katolik Gembala Baik. Aparat masih mendalami motif pembawaan bendera tersebut.

“Saya sudah memerintahkan Kapolsek Abepura untuk mendalami apakah hal tersebut sudah direncanakan terlebih dahulu dan lain sebagainya. Pada prinsipnya akan diperiksa 1×24 jam, termasuk yang di Sentani. Statusnya dari mereka akan ditentukan besok,” kata dia.

Waterpauw juga memastikan tidak ada penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Mimika. Kepolisian sudah mengecek ke lokasi, dan hasilnya hanya sebuah gulungan batu mengenai kendaraan yang sedang melintas.

“Jadi tidak ada penembakan seperti pemberitaan beberapa media massa,” tegas Waterpauw.

News Feed