oleh

Papua ikut meriahkan Festival Budaya di Surabaya

Putra Daerah Papua, memberikan ukiran kayu dari Asmat kepada Walikota Surabaya (Foto: Dok Istimewa)

Dalam perhelatan akbar Parade dan Festival Seni dan Budaya di Surabaya (7/5/2017),  yang setiap tahun diadakan di Taman Bungkul, Jl Raya Darmo Surabaya tersebut, dimeriahkan oleh 75 kesenian dan kearifan lokal budaya di seluruh Indonesia, tak terkecuali Papua.

Papua sendiri sebagai Provinsi yang memiliki ribuan kearifan lokal budaya, menampilkan beberapa jenis tarian dan juga menampilkan hasil karya seni yang lain seperti seni ukiran dan assesoris khas Papua.

Dalam penampilannya, Putra Daerah Papua mendapat apresiasi dari penonton dan masyarakat Surabaya yang begitu meriah. Hal tersebut sebagai tanda bahwa Papua dengan kesenian dan budayanya yang kaya dan memukau di mata masyarakat diseluruh Indonesia bahkan dunia.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Tri Rismaharini yang menyambut di lokasi finish, Taman Bungkul mendapat kenang-kenangan dari perwakilan daerah di Jawa dan luar Pulau Jawa yang ikut serta. Peserta dari Papua yang diwakili oleh Putra Daerah Papua, memberikan hadiah ukiran kayu dari Asmat.

Tri Risma mengucapkan terima kasih kepada para perwakilan daerah juga kepada Putra Daerah Papua yang sudah menampilkan dan memperkenalkan kearifan lokal Papua. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya dan setiap daerah tergugah untuk mengadakan kegiatan positif seperti ini. Selain akan meningkatkan daya tarik pariwisata, juga dapat menambah rasa nasionalisme generasi muda melalui kekayaan seni dan budaya Indonesia. (DS)

News Feed