oleh

Pangdam XVII/Cenderawasih Menegaskan Bahwa HAM Harus Dijunjung Tinggi, Tapi Keselamatan Masyarakat Adalah Yang Utama

-Artikel, Kriminal-2.281 views

Kitorangpapuanews.com, Jayapura – Mayjen TNI George Elnadus Supit Pangdam XVII/Cenderawasih secara tegas menyampaikan dalam mengatasi permasalahan di Tembagapura agar prajurit jangan ragu untuk bertindak demi membela keselamatan rakyat yang tertindas, Kamis (9/11) kepada Media. Pernyataan tersebut merupakan penegasan Pangdam menanggapi pernyataan dari Anggota Komisi I DPR Papua Laurenzus Kadepa.

Diketahui bahwa sejak akhir November, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah melakukan penyanderaan serta berbagai aksi diantara perampokan, pemerkosaan, dan penganiayaan terhadap masyarakat setempat, informasi terkini KKB juga melakukan perusakan terhadap rumah dan kios-kios masyarakat dan melakukan penjarahan brang-barang milik masyarakat. Tindakan tersebut tentunya bukan lagi bertujuan untuk memperjuangkan nasib rakyat Papua, namun sebaliknya merupakan tindakan kriminal yang sangat membahayakan dan mengancam keselamatan bangsa.

Oleh karena itu, Kodam XVII/Cenderawasih secara cepat merespons kondisi tersebut dengan melakukan pengejaran dan upaya pembebasan masyarakat yang saat ini berada dalam ancaman KKB, kondisi masyarakat saat ini tidak diperbolehkan keluar dari kampung dan dijadikan sebagai sandera oleh KKB. Sudah banyak korban yang berjatuhan akibat ulah Kelompok Kriminal KKB tersebut, sebagian masyarakat yang berhasil kabur mengungsi ke Kampung Batu Besar agar terhindar dari kekejaman Kelompok Kriminal Bersenjata.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit mengatakan, “Kami sekali – kali tidak pernah mengesampingkan HAM, yang saya sampaikan maksudnya adalah agar para prajurit jangan ambil pusing dengan isu HAM intinya berbuat dan bertindak sesuai dengan prosedur yang berlaku”, tegas Pangdam. (**)

News Feed