Pangdam XVII Cenderawasih Perintahkan Babinsa Sosialisasikan Pentingnya Imunisasi Balita Di Asmat

oleh

Kitorangpapuanews.com, Asmat – Sinergitas Pemerintah dan TNI dalam menangani KLB campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat saat ini sudah sampai ke daerah-daerah yang terdapat wabah penyakit campak dan gizi buruk.

Selain tindakan penanganan kesehatan, TNI melalui Kodam XVII Cenderawasih juga melakukan transfer ilmu dan sosialisasi tentang pentingnya balita dan anak-anak mendapatkan imunisasi sebagai pencegahan wabah penyakit campak dan lain-lain.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cendrawasih, Mayjen TNI George Elnandus Supit memerintahkan 93 Prajurit Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang ada di Asmat untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya imunisasi bagi balita.

“Saya memerintahkan kepada 93 prajurit babinsa untuk memberikan sosialisasi pentingnya imunisasi dan hidup sehat kepada masyarakat di 240 kampung,” ujar Pangdam usai menjenguk pasien gizi buruk di RSUD Asmat, Kamis (18/1/19).

Pangdam selaku Pangkolaops yang didampingi Dansatgas kesehatan TNI dan juga bupati Asmat menjelaskan bahwa telah mengirim dokter dan tenaga medis yang terdiri dari 8 tim ke titik pelayanan.

“Tidak mungkin dokter ke distrik-distrik, oleh sebab itu mereka ditempatkan di Puskesmas. Nanti masyarakat atau pasien dari distrik yang ke puskesmas,” ujar Pangdam.

Dijelaskannya pula, “bila di Puskesmas pasien tidak dapat ditangani maka akan dievakuasi ke RSUD Asmat, ” ujar Pangdam.

Ketika ditanyakan kesiapan Satgas Kesehatan TNI untuk berapa lama berada di Asmat, Pangdam mengatakan akan disampaikan sesuai dengan kebutuhan.

“satgas ini tahap pertama akan bekerja selama 10 hari, dan bila masih dibutuhkan akan diperpanjang hingga satu bulan,” ujarnya.

Usai menjenguk pasien di RSUD Asmat, Pangdam beserta istri dan para pejabat kodam lainnya meninjau Posko Kesehatan dan dilanjutkan dengan peninjauan ke distrik Pantai Kasuari. Perjalanan ke Pantai Kasuari ditempuh dengan menggunakan Helicopter selama satu jam.

Disana Pangdam selaku Pangkolaops melihat secara langsung Tim dokter Satgas Kesehatan TNI yang sedang melakukan pelayanan.

“Ada 4 pasien yang sedang dirawat di Puskesmas. Dan satu orang dokter yang berjaga di Puskesmas Pantai Kasuari,” ujar Pangdam.

Dijelaskannya lebih lanjut, bahwa tenaga medis lainnya mengunjungi masyarakat dari rumah ke rumah untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan Kepada masyarakat sekaligus melaksanakan Imunisasi dan pengobatan. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *