PADA 2018, KABUPATEN JAYAPURA SERAP 91 PERSEN ANGGARAN

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Penyerapan anggaran tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Jayapura sekitar 91 persen. Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kegiatan 2018 yang digelar di Aula Lantai Dua Kantor Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani, pekan lalu.

Rapat dipimpin langsung Bupati Jayapura, serta dihadiri Wakil Bupati dan seluruh pimpinan Organiasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut tertutup untuk awak media.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, yang dikonfirmasi terkait hal tersebut, mengatakan tujuan pelaksanaan rapat koordinasi dan evaluasi ini adalah melihat kembali program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama 2018.

Dikatakan, evaluasi tersebut secara khusus membahas sejauh mana penyerapan anggaran di masing-masing OPD. Sehingga ketika ada kekurangan dapat dibenahi atau tidak terulang lagi di 2019.

“Dari evaluasi tersebut laporan yang disampaikan bahwa pencapaian penyerapan anggaran kita sudah cukup baik, mencapai 91 persen. Ini sudah termasuk baik dibandingkan tahun sebelumnya,” jelas Bupati Awoitauw, saat dihubungi di Sentani, Sabtu (12/1).

Terpisah, Kepala Dinas Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (DPAKD), Subhan, mengakui memang masih ada sejumlah OPD yang harus terus dipacu dalam sistem pengelolaan keuangan secara khusus penyerapannya. Kendati demikian, menurutnya capaian 91 persen secara keseluruhan sudah cukup baik.

“Walaupun masih ada silpa tetapi tidak murni yang berada di sejumlah OPD, tetapi anggaran tersebut tentunya akan digunakan lagi tahun ini dengan program dan kerja yang baru. Sementara untuk dana alokasi khusus atau DAK sudah mencapai 100 persen penyerapan di masing-masing OPD,” ungkapnya. (*)