oleh

OTSUS SANGAT MEMBANTU DALAM PEMBANGUNAN GEREJA DI PAPUA

-Artikel, Berita, News-112 views

Kitorangpapuanews.com – Selama ini dana Otonomi Khusus (Otsus) yang digelontarkan oleh pemerintah pusat untuk masyarakat Papua, sebagian dana tersebut turut pula dirasakan manfaatnya oleh lembaga keagamaan dalam hal ini gereja.

Seperti yang diungkapkan salah satu tokoh agama, Pdt. Edison Korwa dari Klasis GKI Nimboran, Kabupaten Jayapura.

Menurut Pdt. Edison Korwa dari Klasis GKI Nimboran, Kabupaten Jayapura, dana Otsus yang diberikan sangat membantu dalam pembangunan gereja dan untuk pelayanan umat.

“Dilihat dari sisi Agama, dana Otsus yang dikeluarkan pemerintah pusat sangat membantu bagi kami orang Papua, secara khusus untuk gereja. Dana Otsus sangat membantu dalam pembangunan di gereja baik secara fisik, maupun mental umat Tuhan di tanah Papua,” ujarnya.

Oleh karena itu, mewakili gereja, Edison menyakan dukungannya terhadap keberlangsungan Otsus, yang akan berakhir pada 2021 mendatang.

Dimana kita ketauhi bersama bahwa peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) salah satunya dilakukan melalui pendidikan keagamaan.

Edison Korwa juga meminta kepada pemerintah untuk melakukan pengelolahan dana Otsus dengan professional, sehingga tepat sasaran dan dapat dirasakan dampaknya oleh seluruh rakyat Papua.

Untuk diketahui sejakh 2013 pemerintah provinsi Papua mengeluarkan kebijakan pembagian dana Otsus sebesar 80 persen untuk kabupaten kota dan 20 persen untuk provinsi.

Dari 20 persen dana Otsus yang diberikan untuk provinsi, 10 persen diberikan untuk lembaga keagamaan termasuk gereja, masjid dan tempat ibada umat lainnya.

Pemebrian 10 persen ini dimaksudkan untuk membatu dalam pelayanan umat dan pengembangan lembaga keagamaan.

News Feed