oleh

Optimis Papua Siap Gelar PON 2020

Kitorangpapuanews.com – “Tetapi jangan didramatisir yang seolah-olah Tanah Papua itu tidak aman. Saya jamin, sampai hari ini Tanah Papua aman dan saya optimis pelaksanaan PON akan terjaga dengan baik,” kata Wandik dalam rapat Paripurna DPR RI di Senayan, Kamis (6/2/2020).

2020 rencananya akan digelar 2 Oktober hingga 2 November 2020 di Papua. Namun pelaksanaan PON 2020 di Papua sempat menyisakan tanda tanya besar. Pasalnya muncul gangguan keamanan di Papua dalam beberapa bulan terakhir.  Meski dibayangi ancaman keamanan, anggota anggota Komisi V DPR RI Willem Wandik sangat yakin PON 2020 akan berjalan lancar.

Wandik yang juga merupakan Ketua Umum DPP GAMKI ini meminta, pemerintah pusat harus percaya terhadap simbol-simbol negara yang ada di Tanah Papua seperti Gubernur, MRP, DPRD, maupun penyelenggara birokrat lainnya.

“Jika pemerintah pusat tidak percaya terhadap simbol-simbol negara yang ada disana, bagaimana masyarakat Papua percaya kepada negara. Persoalan penting yang terus menjadi polemik pun tidak akan pernah tuntas ditangani oleh pemerintah pusat. Jakarta jangan berpandangan paranoid terhadap Papua,” ujar Wandik.

Sebelumnya, dalam Pembukaan Rakernas GAMKI di Surabaya pada hari Jumat (31/1), Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali juga meminta dukungan dari GAMKI seluruh Indonesia untuk berperan aktif dalam menyukseskan acara PON XX 2020 di Tanah Papua.

Menpora turut memberikan apresiasi atas dukungan GAMKI terhadap upaya Presiden Jokowi untuk membangun Indonesia sebagai satu bangsa yang utuh. Hal ini yang menjadi alasan Presiden memindahkan ibukota negara ke tengah (Kalimantan) yang man Presiden sebutkan sebagai Indonesia Sentris.

“Saya akan sampaikan kepada Presiden bahwa GAMKI mendukung semua program pembangunan yang sudah dicanangkan Bapak Presiden. Mewakili pemerintah pusat, saya mengharapkan partisipasi GAMKI dalam pembangunan bangsa dan negara yang kita cintai ini. GAMKI harus terlibat menciptakan persaudaraan yang erat dan perdamaian yang abadi,” pungkas Menpora.

Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik dalam sambutannya menyampaikan kesiapan GAMKI untuk mendukung pelaksanaan PON 2020 di Papua.

“DPP GAMKI bersama dengan DPD GAMKI Papua mendukung penuh pelaksanaan PON 2020 di Papua. Kami akan segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah terkait partisipasi GAMKI di dalam menyukseskan pelaksanaan PON ini,” tegas Wandik.

News Feed