OPERASI PASAR DI JAYAPURA JELANG NATAL DAN TAHUN BARU 2019

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Jelang perayaan hari Natal tahun 2018, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Jayapura akan menggelar operasi pasar untuk menekan lonjakan harga.

Kepala Disperindagkop Kota Jayapura Robert LN Awi mengaku, telah menyiapkan kurang lebih 15 lokasi pelaksanaan operasi pasar di Kota Jayapura yang akan digelar mulai tanggal 15 Desember 2018 mendatang.

“10 Lokasi di kampung-kampung adat dan 5 lokasi itu akan kita gelar di distrik-ditsrik yang ada di Kota Jayapura,” ujar Robert Awi kepada wartawan, Senin (26/10).

Ia pun mengakui bahwa rencana dari operasi pasar dengan menyiapkan komoditas tertentu dimana harganya melonjak akan dimulai dari minggu-minggu ini.

Disperindagkop juga akan mengumpulkan para distributor yang ada untuk melihat dengan seksama jumlah stok yang ada per item untuk penduduk Kota Jayapura menghadapi Natal dan Tahun Baru.

“Minggu depan kami harap bisa mendapatkan laporan dari stok dari distributor terkait dengan persiapan Natal dan Tahun Baru, meski laporan survei yang dilakukan oleh Disperindagkop ketersedian stok masih aman sampai Januari 2019 mendatang,” ujarnya.

Dirinya mengaku telah menjalin kerjasama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) dan lintas sektor termasuk Kepolisian untuk turut mengawasi agar tidak menaikkan harga seenaknya.

Sementara itu, Nur Udin,  Penanggungjawab Operasional PT. Maju Makmur yang bergerak dibidang perdagangan antar pulau mengungkapkan, untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, distributor di Jayapura  mulai aktif menambah stok barang di gudang, guna mengantisipasi permintaan konsumen di Natal dan Tahun baru. Menurutnya, saat ini stok cadang di gudang mampu memenuhi kebutuhan pasar selama dua bulan ke depan. (*)