Nauru Mewakili Pasifik Selatan Nyatakan Dukung Indonesia Bangun Papua

oleh

Kitorangpapuanews.com, Jakarta – Peringatan hari kemerdekaan Negara Nauru, Rabu (31/1), mengundang sejumlah Negara kawasan pasifik tak terkecuali Indonesia. Kehadiran Indonesia yang diwakili oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, sebagai bukti bahwa Negara-negara kawasan pasifik selatan memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Wiranto menyampaikan komitmen Indonesia untuk membangun Papua dan Papua Barat, pembangunan yang terus menerus dilakukan adalah bukti nyata komitmen tersebut. Keterangan tersebut disampaikan secara terbuka kepada delegasi Negara Kawasan Pasifik Selatan yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Saya sudah memberikan gambaran utuh mengenai proses pembangunan yang terbaru di Papua dan Papua Barat,” ungkapnya kepada awak media.

Wiranto yakin penjelasan yang disampaikan akan mampu mengubah pandangan beberapa Negara-negara Pasifik terhadap Indonesia. Wiranto menyampaikan bahwa Indonesia pernah dijajah, ia menegaskan Indonesia tidak mungkin membiarkan pihak lain terjajah, apalagi sampai menjajah. “Tidak mungkin Indonesia menjajah teman-teman di Papua,” seperti yang dipandang selama ini oleh beberapa Negara di kawasan Pasifik, tegasnya.

Guna melihat langsung pembangunan yang dilakukan Pemerintah di Papua, Wiranto mengajak delegasi Negara kawasan Pasifik Selatan untuk berkunjung ke Papua. Undangan tersebut disampaikan Wiranto kepada Presiden Vanuatu Tallis Obed Moses juga Perdana Menteri Tuvalu Enele Sopoaga.

“Maka dengan melihat langsung, saya kira sudah bisa mengubah persepsi yang dibangun oleh pihak-pihak lain kalau kita menelantarkan Papua dan Papua Barat,” terang Wiranto.

Menanggapi penjelasan yang disampaikan oleh Wiranto, delegasi Negara kawasan Pasifik Selatan mengapresiasi langkah yang sudah diambil oleh Pemerintah Indonesia. “Kami mendukung setiap langkah yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk mensejahterakan rakyat di Papua dan Papua Barat,” Kata Presiden Nauru Baron Divavesi Waqa.

Orang nomor satu di Nauru tersebut menegaskan akan mendukung secara penuh Pemerintah Indonesia, dan akan tetap menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Indonesia. (**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *