oleh

NATAN PAHABOL : MIRAS MUSUH BESAR ORANG PAPUA

-Artikel, Berita-220 views

Kitorangpapuanews.com – Menyingkapi ramainya pemberitaan tentang peristiwa meninggalnya beberapa pemuda di Timika usai menenggak minuman keras (Miras), Anggota Komisi V DPR Papua bidang Kesehatan, Natan Pahabol, S.Pd menyatakan bahwa miras itu musuh besar orang asli Papua.

Natan Pahabol, S.Pd mengatakan bahwa seharusnya orang asli Papua (OAP) secara khusus harus menyadari bahwa, miras merupakan musuh besar yang bisa menghilangkan ratusan nyawa orang Papua.

“Sudah banyak nyawa di Tanah Papua yang melayang karena miras. Bahkan mati pun tidak manusiawi. Entah itu di minum langsung dan meninggal di tempat, atau karena minum terus sakit lalu meninggal atau juga minum baru kecelakaan terus meninggal dunia,” ujarnya.

Untuk itu Natan Pahabol, S.Pd meminta, orang asli Papua untuk harus menjauhi miras. Sebab sudah banyak orang Papua yang mati karena miras.

Natan Pahabol, S.Pd menambahkan bahwa miras ini juga bisa menghilangkan akal sehat bagi yang meminumnya. Sehingga nekat melakukan hal-hal yang senonoh.

Pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota serta gereja, sudah berulangkali melarang orang Papua untuk mengkonsumsi miras.

Jika miras dikonsumsi secara berlebihan, miras dapat menyebabkan penurunan konsentrasi dan kehilangan kendali diri, sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Sedangkan jika diminum terus-menerus dalam jangka waktu lama, miras dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis, bahkan kematian.

“Itu artinya orang Papua tidak boleh mengkonsumsi miras,” tegasnya.

Mengenai permasalah Miras ini sebenarnya itu kembali lagi kepada kesadaran masyarakat. Dimana masyarakat sebenarnya sudah mengetahui bahaya dan dampak negatif yang ditimbulkan apabila mengkonsumsi minuman keras. Dampaknya, bisa banyak nyawa hilang, rumah tanggah hancur, ekonomi terpuruk, bahkan dapat merusak masa depan generasi muda penenerus masyarakat Papua. Oleh karena itu kembali lagi ke masyarakat Papua itu sendiri untuk saling meningkatkan kesadaran mengenai bahaya dari minuman keras itu sendiri.

 

News Feed