MSG Tegas Tak Berikan Celah Sedikitpun Untuk ULMWP

oleh

Kitorangpapuanews.com, Jakarta – Tegas, jelas dan cerdas pernyataan yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan Fiji, Inoke, ia secara tegas menampik isu yang beredar yang tersebar di beberapa media online bahwa MSG akan membahas keanggotaan ULMWP pada pertemuan MSG berikutnya.

Inoke secara tegas menyampaikan, bahwa saat ini sudah tidak ada lagi legislatif MSG, sehingga tidak mungkin ada pembahasan tentang keanggotaan ULMWP di MSG.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh pihak Kedubes Indonesia untuk Fiji, bahwa MSG tidak pernah membentuk panitia untuk membahas keanggotaan ULMWP di MSG.

Menhan Fiji tersebut juga menjelaskan bahwa perilaku kader-kader ULMWP selama melakukan kampanye dan konsolidasi selalu berbuat kurang ajar, dan melanggar norma-norma kepatutan dalam berkonsolidasi.

“Mereka seringkali memaksakan kehendak, dan berlaku kurang ajar,” tuturnya, Senin (5/2).

Sejauh ini, sudah 3 negara kawasan Pasifik yang menentang kampanye kelompok ULMWP dan mendukung pembangunan Papua oleh pemerintah Indonesia diantaranya Nauru, Fiji dan PNG.

Beberapa waktu yang lalu, Menkopolhukam, Wiranto berkunjung ke Negara Nauru dalam rangka acara peringatan kemerdekaan Nauru. Dalam kunjungan tersebut Wiranto menjelaskan kemajuan Papua saat ini yang sangat pesat.

Wiranto pun mengundang Negara-negara kawasan Pasifik Selatan untuk berkunjung ke Papua untuk melihat langsung pembangunan dan kemajuan Papua saat ini.

DIharapkan tak lama lagi Vanuatu berencana mengunjungi Papua, dengan begitu selain Fiji, PNG dan Nauru, Vanuatu pun dapat bekerjasama dengan Indonesia untuk mendukung pembangunan di Papua. (**)