oleh

MRP Papua Barat Mendukung JK Menjadi Mediator Konflik di Papua

Kitorangpapuanews.com – Maxsi Nelson Ahoren selaku Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Barat, mendukung tawaran mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK) untuk menjadi fasilitator diplomasi damai Papua dan Jakarta, Kamis (05/11/2020).

Maxsis menyebutkan bahwa JK merupakan salah satu sosok tokoh Indonesia yang berpengalaman dalam urusan diplomatik luar negeri semasa menjabat Wapres RI dengan segudang pengalaman penyelesaian konflik di Indonesia.

“MRP PB segai lembaga kultural orang asli Papua dan lembaga representasi kultur Orang Asli Papua (OAP) mendukung tawaran JK. JK juga menjadi salah satu pihak netral sebagai fasilitator yang berpengalaman, untuk membantu pemerintah menyeselesaikan konflik Papua lewat diplomasi damai,” ucap Ahoren, Kamis 5 November 2020.

Dengan keterlibatan JK dalam agenda diplomasi damai Papua, maka diharapkan mampu memfasilitasi upaya penengah antara Papua dan Jakarta.

Sebelumnya, seruan dukungan terhadap JK sebagai fasilitator diplomasi damai Papua-Jakarta juga disampaikan Ketua Dewan Adat Papua (DAP) wilayah Domberai (Papua Barat), Zakarias Horota di Manokwari.

DAP menilai sosok JK sangat tepat, karena memiliki pengalaman dalam menyelesaikan persoalan di Aceh pada 2005, antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Pemerintah Indonesia dan JK sudah diakui masyarakat internasional.

News Feed