MISTERI HILANGNYA KAPAL PEARL OF PAPUA DI RAJA AMPAT

oleh

Raja Ampat, Kitorang Papua – Kabar miring tersiar dari raja ampat yang terkenal dengan keindahan pantainya itu. Pasalnya kapal wisata yang biasa digunakan untuk mengarungi panorama keindahan laut hilang diduga kuat karena dicuri.

Kapal wisata Pearl of Papua yang mengalami kecurian 2 speed boatnya. Total kerugian tersebut ditaksir Rp. 500 juta.

Seperti yang diutarakan oleh co-founder dan pemilik Pearl of Papua, Yayu Yuniar, hal tersebut terjadi semalam, Rabu (2/12) saat kapal hendak menuju Sorong dari Waisai. Dalam perjalanan sekitar pukul 19.30 WIT, komplotan pencuri mengambil 2 speed boat beserta beberapa barang lainnya.

“(Kehilangan) 2 speed boat, 3 engines, serta tanki bahan bakar,” ujar Yayu, Kamis (3/1) tadi pagi.

Jika ditotal, jumlah kerugian tersebut mencapai Rp 500 juta. Menurutnya, hal ini dikhawatirkan berdampak kepada wisatawan dan citra wisata di Raja Ampat dan sekitarnya.

“Perkiraan kerugian Rp 500 juta, namun yang memprihatinkan adalah faktor keamanan dan risiko keselamatan penumpang dan citra pariwisata Raja Ampat,” tambahnya.

Sebelumnya, Kapolres Raja Ampat AKBP Eddy Setyanto membenarkan ada pengaduan dari Pearl of Papua. Polisi kini mendalami laporan tersebut, namun tidak mau buru-buru menyimpulkan terjadi pencurian kapal.

“Kapal tersebut sampai saat ini juga tidak berada di Waisai, Raja Ampat. Dugaan sementara bisa juga dicuri orang, hilang karena hanyut atau tenggelam, kita sedang selidiki,” kata Kapolres Raja Ampat AKBP Eddy Setyanto. (*)