oleh

MICHAEL MANUFANDU : BAIK BURUKNYA OTSUS ITU TERGANTUNG KEPADA PEMDA PAPUA

-Artikel, Berita, News-44 views

Kitorangpapuanews.com – Duta Besar dan Senior Pamong Papua, Michael Manufandu menjelaskan kebijakan dana Otsus yang terus berlanjut dari pemerintahan, itu mengindikasikan bahwa adanya komitmen dan dukungan nyata pemerintah pusat terhadap Papua.

Michael Manufandu menuturkan bahwa Otsus merupakan jalan keluar untuk memperbaiki kesejahtraan masyarakat Papua dan merupakan jalan tengan dimana berisikan Undang-Undang perdamaian didalammnya. Ujarnya dalam webinar yang berjudul “Peta Jalan Penyelesaian Konflik Di Tanah Papua” yang diselenggarakan oleh KAMI UNCEN, Rabu (9/9).

“Hanya orang yang buta, tuli dan bisu yang tidak melihat kemajuan di Papua karena Otsus. Perlu digarisbawahi saya sudah keliling ke Negara-negara disekitar Papua, seperti PNG, Fiji, Vanuatu dan Negara Melanesia lainnya, mereka Negara yang tidak lebih maju dari Papua,” tegasnya.

Michael Manufandu  menjelaskan Permasalahan mengenai Otsus sekarang ini di tanah Papua dapat terselesaikan dengan kembali kepada kekhususan Otsus Papua.

“Apalagi, dengan kewenangan otonomi, daerah benar-benar bisa mengelola berbagai keperluan, urusan, kebijakan di semua sektor agar masyarakat setempat bisa sejahtera” ujarnya.

Sehingga, seharusnya, jika ada persoalan seperti warga kelaparan, warga sakit, seharusnya tidak bisa lagi menunjuk ke pusat karena persoalan itu menjadi kewenangan pemda sepenuhnya yang sudah mendapatkan berbagai dukungan dana.

“Kalau bupati mendapat dana perbaikan kampung kampung, itu kerjakan karena ada kewenangan. Jangan sampai, uang Otsus liar kemana-mana, kesana-kemari, karena itu tetap perlu pengawasan. Masih ada kelemahan, dana diberikan lalu tidak bisa dikendalikan. Misal ada satu kabupaten dengan penduduk 15 ribu jiwa, mendapat dana Rp1 triliun, jika dikelola benar tidak akan ada orang kelaparan,” tegasnya.

News Feed