MERIAHNYA PENUTUPAN FESTIVAL DANAU SENTANI (FDS) XI 2018

oleh

Jayapura (Kitorang Papua) – Kemeriahan Festival Danau Sentani (FDS) XI tahun 2018 terpaksa harus berakhir. Pada tanggal 23 Juni 2018, di Kawasan Wisata Khalkote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura berlangsung Penutupan FDS. Acara yang bertemakan “Khenambai Umbai, Satu Hati, Satu Jiwa untuk Indonesia” ini ditutup langsung oleh Bapak Mayjen TNI (purn) Soedarmo (Pjs. Gubernur Papua).

Acara yang terselenggara selama 5 (lima) hari ini, mulai tanggal 19 sampai 23 Juni 2018 tampak lebih meriah dari tahun sebelumnya. Terlihat dari warga yang sangat antusias mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Pemda Papua ini. Tercatat total jumlah pengunjung mencapai 50.000 orang.  Tidak hanya itu sejumlah wisatawan mancanegara asing pun terlihat turut ambil bagian menghadiri acara FDS, menikmati 150 stand yang berjajar di sepanjang bibir Danau Sentani. Selain itu, terdata pula harga total sewa yang diterima mencapai angka Rp. 1 M. Sungguh acara yang luar biasa meriah.

“Tahun 2018 FDS dikerjakan oleh pihak ketiga, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dikelelola oleh Pemda. Saya mewakili pemerintah daerah Kabupaten Jayapura memberikan kesempatan kepada pihak ketiga berpatisipasi dalam mengelola FDS untuk hasil yang maksimal karena pihak ketiga memang bergerak dan mengerti tentang pariwisata. FDS XI sebagai ajang promosi segala kebudayaan daerah untuk destinasi wisata baik lokal maupun internasional.” Ujar Bapak Mathius Awoitauw, SE, M. Si (Bupati Jayapura).

Ada banyak yang disuguhkan, mulai dari tarian kebudayaan, kerajinan tangan, hingga kuliner lokal menghiasi pegelaran tahunan ini.

“FDS merupakan festival terbesar setelah festival Lembah Baliem dan festival suku Asmat. Dengan FDS ini diharapkan dapat menarik destinasi wisatawan baik lokal maupun internasional dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Danau Sentani. Masyarakat Papua sangat beruntung memiliki sosok pemimpin seperti Bapak Awitouw yang bekerja keras mengelola Danau Sentani.” Ujar Bapak Drs. Syukurni, SE., MM (Perwakilan Kementerian Dinas Pariwisata RI) dalam sambutannya.

Akhirnya tepat pada pukul 20.55 WIT, acara FDS XI tahun 2018 resmi ditutup oleh Bapak Gubernur, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pada tahun 2020, provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX agar dapat menjadikannya sebagai ajang perhelatan prestasi juga untuk menarik destinasi wisata baik lokal maupun internasional. Seraya mengucapkan terima kasih kepada bupati Jayapura atas terselenggaranya FDS XI tahun 2018 dengan lancar.

Sampai jumpa di Festival Danau Sentani (FDS) tahun yang akan datang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.