MERIAH KAMPUNG BIKERS PAPUA DI HARI PAHLAWAN

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dan cara terbaik berterima kasih kepada pahlawan adalah meneruskan perjuangan mereka dengan menjaga keutuhan bangsa.

Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup di bawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan.

Hal lain yang perlu kita teladani yaitu kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti Pahlawan kita yang tangguh untuk menggapai cita cita mereka. Mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Namun mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka. Semangat rela berkorban para pejuang yang begitu besar itu patut kita teladani juga.

Sudah saatnya generasi muda dikenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan tidak berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan maka kita pun akan diajarkan untuk membangun kembali sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme. Lihatlah mereka yang telah berhasil, mereka telah menunjukkan bahwa cita-cita mereka bukanlah hal yang mustahil.

Salah satu wujudnya, para masyarakat khususnya generasi muda di wilayah kota dan kabupaten Jayapura serta Keerom dengan menggelar kegiatan Kampung Bikers, di daerah Koya Timur, Jayapura pada tanggal 10-11 November 2018. Lebih dari 45 komunitas yang tergabung dalam Forum Komunitas Motor Jayapura (FKMJ) serta komunitas-komunitas lainnya yang ada di wilayah Keerom, kota dan kabupaten Jayapura.

Tujuan kegiatan ini diadakan adalah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, memperat silahturahmi antara koumintas-komunitas yang ada di wilayah Keerom, kota dan kabupaten Jayapura, serta meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat khususnya kesadaran hukum lalu lintas.

Kegiatan yang diselenggarakan di pusatkan di wilayah Koya Timur, Jayapura, antara lain pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat Koya Timur, kerja bakti pembersihan dan pengecatan tempat ibadah gereja dan masjid, pembersihan dan pengecatan sekolah, pembersihan lapangan sepakbola, renungan suci dalam rangka hari pahlawan serta pentas seni untuk hiburan masyarakat Koya Timur.

Menurut Saudara Ronald, Ketua Panitia Kampung Bikers, dengan diselenggarakan kegiatan ini agar menjadi inspirasi bagi generasi muda Papua lainnya agar lebih menghargai jasa para pahlawan dan melanjutkan perjuangan mereka dengan terus berprestasi dan berperan aktif mendukung pembangunan di Papua.(*)